Pemdes di Kendal Edukasi Warga Taat Protokol Kesehatan lewat Lomba

Senin, 24 Agustus 2020 - 03:28 WIB
loading...
Pemdes di Kendal Edukasi Warga Taat Protokol Kesehatan lewat Lomba
Foto ist
A A A
KENDAL - Semarak kemerdekaan Republik Indonesia di masa pendemi dimanfaatkan pemerintah Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kendal Jawa Tengah untuk terus mengedukasi warganya agar selalu taat dan patuh pada protokol kesehatan.

Seluruh kampung di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kendal ini dihias bendera merah putih dan umbul-umbul serta beraneka macam ornamen. Tidak hanya itu, hampir tiap rumah tersedia tempat cuci tangan yang juga dihias. (Baca: DPRD Kendal Minta Ruang Terbuka Hijau Diterapkan Protokol Kesehatan)

Ada yang mengunakan ember dicat layaknya bendera, ada juga yang menggunan guci atau kendal hingga galon air minum. Tentu saja selain berfungsi untuk tempat cuci tangan, juga menambah keindahah kampung.

Kepala Desa Pucangrejo Agus Riyanto mengatakan, lomba ini selain menekankan pada kebersihan dan kemeriahan warga menyambut HUT kemerdekaan, juga ketaatan warga dalam menjaga protokol kesehatan. Menurutnya pemerintah desa ingin mengedukasi warga untuk patuh protokol kesehatan, mengingat kendal yang masih zona merah.

"Aspek kebersihan dan keindanhan serta kemeriahan dalam menghias lingkungan juga menjadi poin dalam penilaian lomba. Tidak hanya itu slogan melawan Covid-19 juga marak dipasang hampir diseluruh tempat untuk mengedukasi warga bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Agus, Minggu (23/8/2020).

Sementara itu salah satu Ketua Rt mengatakan, edukasi warga dilakukan hampir setiap hari. Hal ini untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya dan memutus mata rantai penyebaran. (Baca: UCI Terbitkan Protokol Corona saat Balapan Digelar Agustus)

Penilaian lomba tidak hanya dilaksanakan sekali, namun akan dilakukan beberapa kali untuk melihat sejauh mana masyarakat tetap sadar dengan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, dengan penilaian yang diilaksanakan beberapa kali ini, juga menyadarkan warga untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2978 seconds (0.1#10.140)