Akun Instagram Kena Hack, Kejati DIY Lapor Polisi

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:24 WIB
loading...
Akun Instagram Kena...
Akun Instagram (IG) Kejaksaan Tinggi DIY @kejatijogja diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Foto/Tangkapan Layar
A A A
YOGYAKARTA - Akun Instagram (IG) Kejaksaan Tinggi DIY @kejatijogja diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dalam tampilannya, peretas menampilkan promo tebus murah iPhone. Dua unggahan tebus murah sudah terlihat dua hari yang lalu.

Hingga Rabu (18/7/2024) pagi pukul 09.37 WIB peretasan akun Instagram @kejatijogja itu masih terjadi. Terlihat masih adanya dua unggahan promo tebus murah yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab itu.

Unggahan terakhir pihak Kejati DIY tepantau dilakukan Senin (16/7) lalu.Ketika dikonfirmasi, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati DIY Herwatan membenarkan adanya peretasan akun Instagram Kejati DIY.



Hingga Rabu pagi, akun milik korps Adiyaksa ini belum juga normal kembali.“Masih belum normal. Masih dihack,” kata Herwatan, Rabu (17/7/2024).

Dia mengatakan peretasan media sosial instagram Kejati DIY itu sudah terjadi sejak Senin sore yang lalu. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengembalikan tampilan instagram mereka kembali normal.

Namun di hari ketiga sejak peretasan tersebut ditemukan, tampilan dua kali promosi tebus murah HP bermerk iPhone tersebut masih saja terpampang. Dan kini masih diupayakan untuk menghapus dan mengembalikan ke sama sebelum diretas.



“Sudah diupayakan pemulihan sejak diketahui IG kejati DIY kena hack,” tambahnya.

Herwatan mengklaim yang menjadi sasaran hacker hanyalah akun instagram saja. Namun untuk akun media sosial lainnya yang mereka miliki masih aman dari sasaran orang yang tidak bertanggungjawab ini.

Di sisi lain, langkah hukumpun dilakukan oleh pihak Kejati DIY. Mereka melaporkan upaya peretasan yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab terhadap akun media sosial mereka kepada pihak kepolisian.

“Sudah dilaporkan ke polisi hari itu juga sejak diketahui IG kejati DIY kena hack oleh orang yg tidak bertanggungjawab,” terangnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)