Satu Warga Kota Gunungsitoli Positif COVID-19, Puluhan Warga Rapid Test

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 22:27 WIB
loading...
Satu Warga Kota Gunungsitoli Positif COVID-19, Puluhan Warga Rapid Test
Satu Warga Kota Gunungsitoli Positif COVID-19, Puluhan Warga Rapid Test. Foto/SINDOnews/Iman
A A A
GUNUNGSITOLI - Seorang warga jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Luaha Bethani Pasar Yaahowu Gunungsitoli diketahui positif COVID-19 berinsial SZ. Saat ini diisolasi di Kota Gunungsitoli.

Pasca terpaparnya pelayan gereja, kerabat dan jemaat menjalani rapid test massal di Puskesmas Gunungsitoli.

Puluhan warga dan kerabat yang merasa telah melakukan kontak fisik dan bertemu dengan SZ di beberapa acara, menjalani pemeriksaan rapid test di UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gunungsitoli, Sabtu (22/08/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Napitupulu yang di konfirmasi sejumlah media di lokasi tersebut menyebutkan ada 49 warga yang datang memeriksakan dirinya dan kemungkinan akan bertambah.

"Mereka rata-rata dari warga gereja dan juga yang sempat datang di acara pemakaman keluarga SZ beberapa hari lalu serta di acara ulang tahun," terang Wilser.

Dari hasil pemeriksaan, 49 orang terdapat beberapa orang reaktif hasil rapid test, namun belum dipastikan jumlahnya karena pemeriksaan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

“Memang ada yang reaktif COVID-19 saat kita melakukan rapid test namun untuk jumlahnya masih belum bisa kita beritahu karena pemeriksaan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan,” jelasnya.

Dijelaskan dia, SZ termasuk pasien yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan saat ini sedang diisolasi di tempat pasien COVID-19 yang disediakan oleh Pemkot Gunungsitoli, yakni di Hotel Caesar Gunungsitoli Selatan.

“SZ tidak memiliki riwayat perjalanan dari zona merah namun kemungkinan tertular dari warga lain yang positif COVID-19 dengan kategori OTG,” tuturnya. (Baca juga: Kasat Reskrim Polres Sergai Santuni Korban Penganiayaan)

Kepala Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat tetap waspada, ikuti protokoler kesehatan serta bagi masyarakat yang merasa dirinya telah bertemu bahkan kontak fisik dengan SZ agar memeriksakan diri untuk memutus penyebaran COVID-19 di Kota Gunungsitoli.

Hingga saat ini, di Kota Gunungsitoli tercatat sudah 2 orang positif Covid-19 dan saat ini sedang diisolasi, sedangkan di Kabupaten Nias Utara sebanyak 7 orang positif. (Baca juga: Kalapas Narkotika Pematangsiantar Jamin Makanan Warga Binaan Higienis)

Di Kabupaten Nias Barat 1 orang yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Nias Barat dan saat ini sedang isolasi mandiri di kediamannya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)