Hadapi Arus Mudik Lebaran, Petugas Sidak PO Bus dan Tes Urine Sopir

Jum'at, 24 Mei 2019 - 10:33 WIB
Hadapi Arus Mudik Lebaran, Petugas Sidak PO Bus dan Tes Urine Sopir
Hadapi Arus Mudik Lebaran, Petugas Sidak PO Bus dan Tes Urine Sopir
A A A
CIREBON - Menjelang arus mudik, petugas Dinas Perhubungan dan Polres Cirebon melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah PO Bus, Jumat (24/5/2019) pagi. Dalam sidak petugas mengecekan kelayakan kendaraan mulai dari bagian bawah bus, mesin, lampu, wiper, hingga SIM dan STNK.

Bahkan petugas menemukan ban gundul dan masih banyak sopir bus yang minim pengetahuan akan cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang ada dalam bus. Oleh karena itu, Dishub berencana menggandeng dinas pemadam kebakaran untuk mengadakan pelatihan kepada para sopir bus.

Tak hanya pengecekan kelayakan bus, petugas juga melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus. Meskipun semuanya negative, namun petugas mengimbau kepada para sopir agar selalu beristirahat cukup saat hendak membawa penumpang.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cirebon Ipda Sudarman mengatakan, pemeriksaan terhadap bus dilakukan guna meminimalisir angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini. “Petugas juga akan terus melakukan pengecekan kelayakan bus secara berkala,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6110 seconds (0.1#10.140)