Layanan Imigrasi Terganggu Gara-gara PDN Kominfo Down, Silmy Karim: Konsekuensi Digitalisasi

Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Dalam mengatasi gangguan tersebut, kata Silmy, pihaknya pun sigap membuka seluruh loket untuk mempercepat layanan pengecekan secara manual di bandara.

"Untuk layanan perlintasan dalam hal ini di bandara, yang tadinya sudah fully digital bahkan warga negara asing bisa melewati auto gate, sistem cekal, sistem interpol yang kita gunakan sebagai referensi untuk membolehkan seseorang masuk dan keluar itu harus kita lakukan secara manual," tuturnya.

"Otomatis pelayanan yang tadinya sudah automatis itu menjadi manual dan dicek secara manual juga, membutuhkan waktu lebih lama," tambahnya.

Silmy menyebut, sedikitnya ada tiga bandar udara yang mengalami gangguan tersebut. Di antaranya Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai Bali, dan Bandara Hang Nadim Batam.

"Karena ini adalah bandara yang paling sibuk, untuk yang lain masih bisa terhandle dengan baik," ujarnya.

Silmy memastikan, hingga saat ini pihaknya bersama dengan tim dari Kominfo masih terus berusaha untuk memulihkan sistem yang mengalami gangguan tersebut.

"Setiap saat saya pastikan tim bekerja dengan semaksimal mungkin untuk bisa segera mencarikan solusi, baik bersama Kementerian Kominfo maupun solusi yang terpisah yang kita lakukan di luar Kominfo," katanya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa ada solusi, sehingga pelayanan di masyarakat bisa kembali normal," tandasnya.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)