Tanam Ulang Sawit Tercepat di Langkat, PTPN IV PalmCo Pecahkan Rekor Nasional

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:28 WIB
loading...
Tanam Ulang Sawit Tercepat...
PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) atau PalmCo, anak usaha PTPN III (Persero), memecahkan rekor nasional. Foto/Ist
A A A
LANGKAT - PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) atau PalmCo, anak usaha PTPN III (Persero), menorehkan prestasi membanggakan. Mereka berhasil memecahkan rekor nasional dalam hal proses tumbang dan tanam tercepat untuk program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pola off taker aktif.

Pencapaian ini diraih dalam kegiatan tanam ulang kebun sawit seluas 107 hektar milik KUD Tani Makmur di Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Langkat, Sumatera Utara.

"Prosesnya terbilang sangat cepat, kurang dari satu minggu setelah rekomendasi teknis (rekomtek) dari Kementerian Pertanian diterbitkan," ujar Jatmiko Santosa, Direktur Operasional PTPN IV PalmCo, dalam sambutannya di hadapan para petani dan Forkopimda Kabupaten Langkat, Rabu (19/6/2024).

Kecepatan ini dimungkinkan berkat sinergi yang solid antara PTPN IV PalmCo, KUD Tani Makmur, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Ketiga pihak bekerja sama dengan sigap untuk menyelesaikan proses administrasi dan pencairan dana PSR.



Lebih dari sekadar kecepatan, PTPN IV PalmCo juga menawarkan pola kemitraan yang terbukti berhasil di Riau. Pola ini, yang dikenal sebagai "single management", memberikan pendampingan menyeluruh kepada petani, mulai dari peremajaan hingga panen.

"Hasilnya, petani plasma binaan PTPN di Riau mampu mencapai panen 18 ton TBS/Ha/Tahun, jauh di atas standar nasional," ungkap Jatmiko. "Hal ini memungkinkan mereka memperoleh pendapatan tinggi, berkisar 5 hingga 7 juta rupiah per bulan."

Melihat kesuksesan tersebut, PTPN IV PalmCo ingin memperluas jangkauan pola kemitraannya dengan menawarkan pola off taker aktif kepada petani non-plasma, seperti di Besitang Langkat.

"Dengan pola ini, PTPN IV PalmCo tidak hanya membeli hasil panen petani, tetapi juga memberikan pendampingan dalam kultur teknis dan pembinaan berkelanjutan," jelas Jatmiko.

Diharapkan dengan pola off taker aktif ini, PSR dapat diperluas dan diakselerasi dengan lebih cepat.

"Kami menargetkan membantu petani melaksanakan PSR seluas 60 ribu hektar hingga 2026," kata Dwi Sutoro, Direktur Pemasaran PTPN III (Persero). "Ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam program prioritas Proyek Strategis Nasional PalmCo."

Upaya PTPN IV PalmCo ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Mudah-mudahan PTPN IV PalmCo dapat terus menjadi mitra yang handal bagi petani sawit di Indonesia," ujar Ir. Hendratmojo Bagus Hudoro, M.Sc, Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian RI.

Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, pun berharap inisiatif serupa dapat digesa di kebun-kebun rakyat lainnya di Sumatera Utara.

"Kami mengapresiasi PTPN IV PalmCo yang telah menjadi Mitra off taker PSR bagi petani dan koperasi di Langkat," tutup Hassanudin.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)