Fakta Baru Terungkap, Ternyata Kebakaran Gunung Bromo Sudah Berlangsung 2 Hari

Kamis, 20 Juni 2024 - 14:31 WIB
loading...
Fakta Baru Terungkap,...
Kobaran api membara di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di Bukit Naga, Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Foto/MPA Ngadas Malang
A A A
PASURUAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Bromo terjadi di kawasan Bukit Naga, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Fakta Baru Terungkap, Ternyata Kebakaran Gunung Bromo Sudah Berlangsung 2 Hari

Foto/MPA Ngadas Malang

Fakta baru terungkap bahwa titik api kebakaran di sekitar Widodaren yang masuk kawasan Bukit Naga sudah berlangsung selama dua hari atau sejak Selasa malam (18/6/2024).



"Kebakaran sudah dua hari ini. Mulai Selasa malam, itu masuk Tosari, Pasuruan, resortnya Wonokitri," kata Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Ngadas Sampotono, Kamis (20/6/2024).

Pak No, sapaan akrab Sampotono mengungkapkan, titik api cukup besar membakar kawasan Bukit Naga, yang berada di balik area menuju Penanjakan. Ia menduga titik api berasal dari faktor kesalahan manusia.



"Selasa malam habis Maghrib, itu titik api masih kecil. (Dugaannya) Kebakaran di Gunung Bromo 90 persen faktor manusia," ungkap dia.

Saat ini tim gabungan, terdiri dari petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) selaku pengelola kawasan taman nasional, dan beberapa unsur lain, termasuk MPA Ngadas, Malang turut serta membantu pemadaman.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)