Server PPDB 2024 Down, Ini Penjelasan Lengkap Disdik Jabar

Selasa, 04 Juni 2024 - 15:16 WIB
loading...
Server PPDB 2024 Down, Ini Penjelasan Lengkap Disdik Jabar
Plh Kepala Disdik Jabar, M. Ade Afriandi. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat angkat bicara terkait gangguan sistem yang terjadi di hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SLB Jabar Tahap 1 Tahun 2024.

Plh Kepala Disdik Jabar , M. Ade Afriandi mengatakan, pihaknya sempat menggelar rapat dadakan bersama dari tim Amazon Web Service (AWS) untuk mengetahui kendala gangguan server PPDB yang terjadi di hari pertama.

Diketahui, laman pendaftaran PPDB Jabar ini ditangani langsung oleh tim AWS. Sementara untuk penanganan aplikasi Sapawarga langsung dari Jabar Digital Service (JDS).

"Kami lakukan meeting zoom dengan tim dari AWS kemudian dari tim Jabar Digital Service yang di Diskominfo," ucap Ade, Selasa (4/6/2024).



Dalam rapat tersebut, Ade membeberkan beberapa kendala yang membuat adanya gangguan server. Beberapa di antaranya banyak orang tua murid yang melakukan uji coba masuk ke laman PPDB sebelum jadwal sistem beroperasi secara penuh.

Setelah sistem dibuka pada pukul 08:00 WIB, barulah terjadi penurunan para pendaftar. Artinya, gangguan akibat para pendaftar melakukan login sebelum laman dibuka secara penuh.

“Sistem baru dibuka pukul 8.00 WIB, sekitar 1 jam setelahnya ada penurunan layanan. Kami lihat memang dalam waktu singkat melonjak penggunaan laman PPDB Online Jabar," bebernya.

Saat sudah dibuka pun sempat mengalami gangguan untuk stabilisasi layanan. Hal itu kemudian membuat beberapa peserta yang sudah mendaftarkan diri berkasnya ada yang berhasil diunggah dan tidak.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)
pixels