5 Fakta Suku Togutil, Penghuni Hutan Halmahera yang Mengejutkan

Senin, 27 Mei 2024 - 17:02 WIB
loading...
5 Fakta Suku Togutil, Penghuni Hutan Halmahera yang Mengejutkan
Suku Togutil merupakan sebuah kelompok etnis yang mendiami Hutan Halmahera, Maluku Utara. Mereka tinggal secara nomaden atau berpindah-pindah tempat. Foto/Tangkapan Layar
A A A
SUKU Togutil merupakan sebuah kelompok etnis yang mendiami Hutan Halmahera, Maluku Utara. Pada kehidupannya, mereka tinggal secara nomaden atau berpindah-pindah tempat.

Baru-baru ini, viral sebuah video yang memperlihatkan tiga orang dari Suku Togutil mendatangi pekerja di lokasi tambang di Maluku Utara. Mereka terdiri dari tiga orang, masing-masing dua perempuan dan satu laki-laki.



Pada kedatangannya, mereka kemudian disambut oleh para penambang. Kemudian, ada pula foto yang memperlihatkan bahwa tiga orang itu sedang diajak untuk makan.



Lebih jauh, apa itu sebenarnya suku Togutil? Diolah dari berbagai sumber, Senin (27/5/2024), simak sederet faktanya berikut untuk mengenalnya.

Fakta Suku Togutil

1. Suku di Pedalaman Halmahera


Suku Togutil dikenal sebagai komunitas etnis yang mendiami pedalaman hutan Halmahera, Maluku Utara. Pada kehidupannya, suku ini masih jauh dari dunia luar.



Pada penyebutannya, suku Togutil biasa disebut juga sebagai suku Tobelo Dalam. Mereka biasanya bermukim di kawasan hutan Halmahera Timur.

Sebagaimana statusnya, kehidupan masyarakat suku Togutil masih sederhana dan masih jauh dari teknologi. Namun, mereka tetap mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya.

2. Hidup Nomaden dan Mengandalkan Hutan


Suku Togutil menggantungkan hidupnya pada hutan. Hal ini membuat mereka memiliki pola hidup nomaden atau berpindah-pindah di pedalaman hutan-hutan Halmahera.

Mengutip jurnal berjudul “Kebiasaan Belajar Anak Dalam Keluarga Suku Togutil Halmahera Timur” karya Wawan Suprianto, dkk dari Universitas Negeri Malang, mata pencaharian suku ini adalah berburu, menangkap ikan, mengumpulkan hasil hutan, serta memanfaatkan sagu sebagai sumber makanan utama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)
pixels