Kutai Barat Diterjang Banjir, GBU Kirim Bantuan ke Warga Terdampak

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:12 WIB
loading...
Kutai Barat Diterjang Banjir, GBU Kirim Bantuan ke Warga Terdampak
PT GBU menurunkan Emergency Response Team (ERT) untuk meninjau langsung kondisi warga terdampak banjir di Kutai Barat. Foto/
A A A
KUTAI BARAT - Bencana banjir melanda empat kecamatan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), mendorong Pemerintah Daerah Kutai Barat menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor. Wilayah ini, yang berada di hilir Kabupaten Mahulu, mengalami peningkatan volume banjir akibat intensitas hujan yang tinggi, merendam daerah seperti Melak dan sekitarnya.

Sebagai bentuk kepedulian, PT Gunung Bara Utama (GBU) segera bertindak dengan menurunkan Emergency Response Team (ERT) untuk meninjau langsung kondisi warga terdampak dan memberikan bantuan. Langkah cepat ini mencakup bantuan evakuasi, layanan kesehatan, serta penyediaan kebutuhan pokok bagi korban banjir.

Pejabat Sementara Kepala Teknik Tambang (Pjs. KTT) GBU, Adi Rachmani, menyatakan bahwa bantuan ini adalah aksi tanggap darurat kemanusiaan. "Kami turut prihatin atas musibah banjir yang menimpa masyarakat di Kutai Barat dan kami berharap bantuan yang kami berikan dapat sedikit meringankan beban masyarakat terdampak," ujarnya.

Bantuan logistik yang diberikan oleh GBU meliputi bahan makanan, obat-obatan, perlengkapan anak, perlengkapan mandi, dan selimut. Bantuan ini disambut baik oleh warga lokal, termasuk Alvius, yang mengapresiasi dukungan tersebut.



“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PT GBU yang telah memberikan bantuan kepada kampung Empakuq. Kami dari masyarakat kampung sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Adapun warga yang terdampak sebanyak dua RT dengan jumlah 400 jiwa. Mata pencaharian warga sebagai besar bercocok tanam sehingga dengan musibah ini warga tidak dapat berkebun. Dengan adanya bantuan ini sangat membantu warga yang terkena dampak banjir ini,” ungkap Alvius.

Setelah beberapa hari musibah banjir, kegiatan kemanusiaan Tim ERT GBU menjangkau sejumlah daerah terdampak, di antaranya Kelurahan Melak Ilir, Kampung Empakuq, Kampung Emakuq, dan Kampung Muara Bunyut yang berada di Kecamatan Melak. Bantuan ini dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kubar serta pemerintah daerah setempat.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)
pixels