Kisah Siti Aisyah Mundur Kuliah karena UKT Mahal, Universitas Riau: Sudah Kami Turunkan

Jum'at, 24 Mei 2024 - 21:09 WIB
loading...
Kisah Siti Aisyah Mundur Kuliah karena UKT Mahal, Universitas Riau: Sudah Kami Turunkan
Heboh kisah Siti Aisyah, calon mahasiswi baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Riau (Unri) yang memilih mundur karena uang kuliah tunggal (UKT) yang terlalu tinggi. Foto/Ist
A A A
PEKANBARU - Heboh kisah Siti Aisyah, calon mahasiswi baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Riau (Unri) yang memilih mundur karena uang kuliah tunggal (UKT) yang terlalu tinggi.

Tim UKT Unri, atas perintah Rektor, menghubungi kembali Siti Aisyah guna melakukan verifikasi ulang terhadap kondisi ekonomi keluarganya, Kamis (23/5/24). Ternyata orangtua Siti bekerja sebagai buruh sawit, bukan petani sawit seperti yang dilaporkan Siti saat mendaftar ulang secara online.

Karena itu, Unri kemudian merevisi atau menurunkan UKT-nya dari Rp 4,8 juta per semester (UKT 5) menjadi Rp 1 juta (UKT 2). Namun, Siti Aisyah lebih memilih kuliah di Universitas Pasir Pangaraian (UPP), dekat kampungnya.



“Dia juga sudah memperoleh beasiswa dan ingin tetap dekat ayahandanya,” ujar Wakil Rektor IV Unri Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhil didampingi Staf Khusus Bidang Komunikasi Ir Ridar Hendri MSi PhD dalam siaran persnya Jumat (24/5/2024).

Kisah Siti Aisyah bermula dari pemberitaan yang mengungkap dia tidak jadi kuliah di Unri karena UKT yang harus dibayar terlalu tinggi. Unri menetapkan besaran UKT untuk mahasiswa baru jalur berdasarkan bukti-bukti tertulis penghasilan orangtua yang dikirimkan secara online saat pendaftaran ulang.

Namun Unri tetap memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merevisi UKT dengan menunjukkan bukti-bukti yang lebih akurat. Sebanyak 45 dari 2.000 mahasiswa, memanfaatkan kesempatan ini dan berhasil menurunkan UKT mereka, bahkan sampai empat tingkat.

“Siti belum sempat memanfaatkan kesempatan ini, tapi berita sudah terlanjur viral dan melebar ke mana-mana,” imbuhnya



Sebenarnya, kata Dr Sofyan, sehari sebelum pendaftaran ulang ditutup, Senin (20/5/24), pihak Unri sudah menghubungi Siti, untuk memberitahu bahwa ada pihak yang ingin membiayai kuliah Siti hingga tamat. Tetapi Siti tidak mengangkat semua telepon yang masuk karena sedang melakukan cooling down.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)
pixels