Mengulik Sejarah dan Asal-usul Nama Jambi, dari Chan-pi hingga Jambe

Kamis, 23 Mei 2024 - 15:36 WIB
loading...
Mengulik Sejarah dan Asal-usul Nama Jambi, dari Chan-pi hingga Jambe
Sejarah dan asal-usul nama Jambi menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Pada statusnya, Jambi dikenal sebagai nama salah satu provinsi dan kota di Indonesia. Foto/Ilustrasi/salsawisata
A A A
SEJARAH dan asal-usul nama Jambi menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Pada statusnya, Jambi sendiri dikenal sebagai nama salah satu provinsi dan kota di Indonesia.

Provinsi Jambi terletak di bagian tengah Pulau Sumatera. Menariknya, provinsi ini juga memiliki ibu kota yang bernama sama, yakni Kota Jambi.



Pada letaknya, provinsi Jambi berbatasan dengan sejumlah daerah lain.

Berikut di antaranya:


-Utara : Provinsi Riau
-Selatan : Provinsi Sumatera Selatan
-Timur : Provinsi Kepulauan Riau dan Laut China Selatan
-Barat : Provinsi Sumatera Barat

Melihat riwayatnya, Jambi sendiri memiliki sejarah panjang dalam keberadaannya. Hal ini juga termasuk dalam penyematan namanya yang masih bertahan hingga sekarang.

Sejarah dan Asal-usul Nama Jambi


Sejak dulu, Jambi telah menjadi daerah permukiman hingga pusat kedudukan pemerintah. Terkait asal-usul penamaannya, ada beberapa versi populer yang muncul dalam serangkaian cerita sejarah.

Pertama, ada versi yang mengatakan bahwa nama Jambi berasal dari penyebutan Chan-pi. Chan pi sendiri adalah sebuah daerah yang menurut sejarah Dinasti Sung menjadi tempat Maharaja San Fo Tsi (Swarnabhumi) bersemayam.



Mengutip laman resmi Pemkot Jambi, Kamis (21/5/2024), utusan dari Chan-pi datang pertama kalinya di istana Kaisar China sekitar tahun 853 M. Sementara utusan kedua tiba pada 871 M.

Informasi di atas menunjukan bahwa Chan-pi (yang diidentifikasikan oleh pakar sebagai Jambi) sudah muncul di berita China pada tahun-tahun tersebut. Artinya, Chan-pi atau Jambi ini sudah ada dan dikenal sejak abad 9 M.

Kemudian, ada pula versi penamaan Jambi yang berasal dari kata ‘Jambe’. Istilah tersebut merujuk kepada sebutan pinang dalam bahasa Jawa (Sunda).

Jadi, ada kemungkinan terjadinya perubahan bunyi dan huruf dari Jambe ke Jambi. Identifikasi ini menginformasikan kata Jambe ke Jambi pada abad ke 15, tepatnya ketika Kerajaan Jambi dipimpin Putri Selaro Pinang Masak (1460-1480).

Demikian ulasan mengenai sejarah dan asal-usul nama penamaan Jambi yang bisa diketahui.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)
pixels