Sofyan Djalil Bagikan 4.000 Sertifikat Tanah di Lampung Secara Virtual

Rabu, 19 Agustus 2020 - 16:04 WIB
loading...
Sofyan Djalil Bagikan 4.000 Sertifikat Tanah di Lampung Secara Virtual
Menteri Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil. Foto/iNewsTV/Andres Afandi
A A A
BANDARLAMPUNG - Kementerian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) kembali membagikan sertifikat tanah untuk warga.

Pembagian sertifikat kali ini digelar secara virtual dan secara simbolis diserahkan kepada warga Kabupaten Lampung Timur dan Pringsewu/ di Kantor Badan Pertanahan Kota Bandarlampung .

Pembagian sertifikat tanah dilakukan secara virtual untuk mencegah kerumunan dan mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Sebanyak 4.000 sertifikat tanah diserahkan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil kepada beberapa warga penerima sertifikat secara simbolik. (Baca juga: Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL dan Redistribusi Tanah Diserahkan )

Ribuan sertifikat kemudian akan diserahkan secara bertahap kepada masing-masing warga penerima melalui kantor BPN di masing masing kabupaten. (Baca juga: Bupati Hamim Serahkan Sertifikat Tanah Warga Bone Bolango )

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengatakan, sertifikat tanah untuk rakyat ini merupakan program reforma melalui kegiatan redistribusi tanah. Program ini adalah sebuah program pemerintah pusat yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas kepemilikan dan hak atas tanah yang dimiliki oleh warga. “Harapannya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan roda perekonomian warga,” kata Sofyan Djalil.

Sofyan Djalil juga mendukung upaya pemerintah daerah (pemda) dalam upaya melindungi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Provinsi Lampung.

“Kementerian ATR/BPN akan memetakan seluruh wilayah yang akan ditetapkan oleh LP2B. Hal ini dilakukan agar lahan pertanian tetap ada keberadaannya untuk menjamin kebutuhan pangan Indonesia,” kata Sofyan Djalil.

Sementara seorang warga penerima sertifikat Kristiyanti mengucaptkan terima kasih kepada pemerintah atas program pemberian sertifikat tanah kepada warga.

“Kami selama ini kesulitan mengurus penerbitan sertifikat secara mandiri karena lahan yang mereka garap sebagai lahan pertanian dan pemukiman sejak puluhan tahun silam merupakan lahan milik negara,” kata Kristiyanti.

Selain menyerahkan 4.000 sertifikat bagi warga, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dalam kesempatan ini juga menyerahakan sebanyak 72 sertifikat hak pakai jalan tol trans sumatera kepada Kementerian PUPR dan lembaga manajamen aset negara.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)