Diintegrasikan dengan Trans Musi dan Damri, Tarif LRT Lebih Murah

Jum'at, 22 Februari 2019 - 21:44 WIB
Diintegrasikan dengan Trans Musi dan Damri, Tarif LRT Lebih Murah
Diintegrasikan dengan Trans Musi dan Damri, Tarif LRT Lebih Murah
A A A
PALEMBANG - Balai Pengelola Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, Perum Damri, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) dan Dinas Perhubungan Sumsel melaunching integrasi LRT dengan moda transportasi lainnya yakni Bus Damri, dan Trans Musi di Stasiun LRT DJKA.

Integrasi ini merupakan wujud peningkatan pelayanan dengan memberikan kemudahan bertransportasi dengan harapan masyarakat akan mulai beralih menggunakan transportasi umum.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, tarif tiket integrasi ini lebih murah dari transportasi lain, konektivitasnya pun cukup merata. Terdapat tiga katagori tarif pada tiket integrasi ini yakni umum, mahasiswa, dan pelajar. Untuk tarif integrasi LRT-Damri, tarifnya terbagi berdasarkan 3 kategori penumpang.

"Bagi penumpang umum tarifnya sebesar Rp10 ribu. Sementara untuk mahasiswa dan pelajar tarifnya sebesar Rp7 ribu, lalu tarif LRT-Trans Musi untuk kategori umum dan mahasiswa dipatok sebesar Rp7 ribu. Sementara untuk pelajar hanya sebesar Rp5 ribu," kata Aida saat dibincangi SINDOnews, Jumat (22/02/2019)

Jika penumpang menggunakan Damri-LRT-Trans Musi, Aida mengungkapkan besaran tarif yang harus dibayar untuk penumpang umum dan mahasiswa sebesar Rp12.000. Sementara untuk pelajar, tarifnya hanya sebesar Rp10.000.

"Perbedaan ini merupakan ajakan untuk gunakan transportasi umum khususnya untuk kalangan mahasiswa dan pelajar dengan tarif yang paling murah, hal ini bertujuan supaya generasi milenial membudayakan naik transportasi umum," sambung Aida.

Integrasi antar moda ini selain dipatok dengan harga yang terjangkau, juga memberikan pelayanan yang maksimal dengan pola operasi Damri akan berhenti di Stasiun DJKA setiap 10 menit dan untuk Trans Musi akan berhenti disetiap Stasiun LRT.

"Sedangkan untuk KA LRT tiket integrasi berlaku untuk rute Stasiun LRT DJKA sampai Stasiun Asrama Haji dan sebaliknya. Cara mendapatkan tiketnya pun sangat mudah karena dilayani di Loket pembelian di setiap Stasiun LRT, Halte Transmusi, dan loket Damri. Pemberlakuan tiket integrasi antar moda ini akan terus dievaluasi agar pelaksanaan nya menjadi lebih baik sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransportasi," tandas Aida.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7831 seconds (0.1#10.140)