alexametrics

Ruangan Teleconference Politeknik Negeri Bandung Terbakar

loading...
Ruangan Teleconference Politeknik Negeri Bandung Terbakar
Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dan melakukan pendinginan di ruangan Teleconference Politeknik Negeri Bandung di lantai dua yang terbakar, Senin (7/1/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto B
A+ A-
BANDUNG - Kebakaran menghanguskan sebagian ruangan Teleconference di Gedung Direktorat Politeknik Negeri Bandung di Jalan Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (7/1/2019). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat kebakaran aktivitas di kampus sempat terganggu dan menyebabkan kerugian materi sekitar puluhan juta rupiah.

Saksi mata yang juga wakil kepala security Polban, Asep Edi mengungkapkan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Penyebabnya disinyalir akibat hubungan arus pendek yang terjadi pada dua mesin pendingin ruangan atau Air Conditioner pada ruangan tersebut. Konsleting listrik membuat timbul percikan api dan mengenai bahan yang mudah terbakar di sekitarnya.

"Kebakaran terjadi akibat konsleting listrik pada pendingin ruangan di gedung itu. Percikan api mengenai gorden jendela kemudian mengenai kursi yang mudah terbakar," terangnya kepada wartawan di lokasi kejadian.



Kebakaran itu langsung terdeteksi dari kepulan asap yang cukup pekat. Melihat hal tersebut petugas security yang kebetulan sedang jaga langsung berupaya memadamkan api dan mengontak petugas pemadam kebakaran. Termasuk memutuskan arus listrik ke gedung Teleconference dan menyemprot sumber api dengan tabung pemadam atau alat pemadam api ringan (Apar) yang ada di gedung tersebut.

"Kami berhasil memadamkan sumber api dengan sembilan tabung Apar yang ada jadi pas petugas damkar datang mereka tinggal melakukan pendinginan," tuturnya.

Api yang dengan cepat dipadamkan berhasil mencegah meremberatnya api ke gedung di sebelahnya. Padahal lokasi ruangan Teleconference yang terbakar berada di lantai dua yang berdempetan dengan ruang lainnya. Hal ini berkat kesigapan petugas security dan mobil pemadam kebakaran dari KBB dan Kota Bandung yang dengan cepat tiba di lokasi untuk mencegah munculnya sumber titik api baru.

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dan melakukan pendinginan di ruangan Teleconference Politeknik Negeri Bandung di lantai dua yang terbakar, Senin (7/1/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto B
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak