Gunung Agung Erupsi Lagi, Status Ditingkatkan Jadi Siaga

Minggu, 30 Desember 2018 - 07:01 WIB
Gunung Agung Erupsi Lagi, Status Ditingkatkan Jadi Siaga
Gunung Agung Erupsi Lagi, Status Ditingkatkan Jadi Siaga
A A A
KARANGASEM - Gunung Agung di Karangasem, Bali, erupsi kembali pada Minggu (30/12/2018) sekitar pukul 04.09 WITA. Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung dari waspada menjadi siaga.

"Telah terjadi erupsi Gunung Agung Bali pada 30 Desember 2018 pukul 04.09 WITA, namun tinggi kolom abu tidak teramati," kata mantan Kabag Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko melalui keterangan resminya, Minggu (30/12/2018).

Menurut Kabid Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan BMKG tersebut, erupsi Gunung Agung terekam di seismogram dengan amplitudo 22 milimeter. Adapun, durasi erupsi Gunung Agung terjadi selama sekira tiga menit. "Saat ini, Gunung Agung berada pada status level III atau siaga," ungkap Harry Tirto.

Masyarakat, pendaki, dan wisatawan yang berada di sekitar Gunung Agung diminta segera melakukan evakuasi. Harry menjelaskan, zona perkiraan bahwa Gunung Agung dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak.

"Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan ata pengamatan Gunung Agung yang paling atual atau terbaru," tambahnya.

Selain itu, Harry mengingatkan agar warga yang berada di aliran sungai yang berhulu dari Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan. "Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5705 seconds (0.1#10.140)