Sekretaris MUI Sulsel: Lebaran Ketupat Manifestasi Kerukunan Masyarakat

Sabtu, 20 April 2024 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Imam Besar Masjid Al Markaz ini juga menjelaskan kearifan lokal di masa Idulfitri seperti lebaran ketupat yang biasanya dilakukan beberapa hari pasca lebaran 1 Syawal.

Kebiasaan masyarakat seperti ini menurutnya adalah hal yang positif, karena bisa meningkatkan kerukunan masyarakat dan menunjukkan keterkaitan yang kuat antara Idulfitri dan semangat kebangsaan Indonesia.

“Terdapat relevansi yang sangat terasa, antara perayaan Idulfitri dengan semangat kebangsaan, serta kebersamaan orang Indonesia. Kenapa? Karena salah satu makna Idulfitri itu adalah kembali ke fitrah," ujarnya.

"Fitrahnya kita ini kan diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Itulah kenapa pada hari lebaran, orang kangen untuk pulang kampung, karena fitrahnya manusia adalah sebagai orang kampung, yang punya tanah air dan bangsanya sendiri,” sambungnya.

Akademisi yang aktif menyoroti isu toleransi dan moderasi beragama ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia yang dibentuk dari banyak suku yang berbeda pasti memiliki naluri kesukuannya masing-masing dan sulit untuk dipisahkan.

Rasa memiliki suku dan bangsa yang kuat, dibarengi dengan fitrahnya sebagai manusia, membuat banyak orang rindu dengan kampung halamannya pada hari raya Idulfitri.

Kondisi inilah yang membuat banyak orang ramai mudik atau pulang kampung. Semangat mudik ini sebenarnya juga menunjukkan cinta bangsa dan tanah air yang selalu bisa disaksikan saat Idulfitri.

“Perayaan Idulfitri juga memiliki arti iftar atau futur, yang artinya makan pagi atau sarapan. Kalau diartikan seperti itu, maka Idulfitri artinya kembali makan pagi atau sarapan, setelah sebulan sebelumnya diwajibkan untuk berpuasa. Makanya, di hari lebaran atau Idulfitri, haram hukumnya orang berpuasa,” urainya.

Ia lantas menguraikan kewajiban zakat fitrah setelah berpuasa. Menurutnya, zakat fitrah adalah makanan pokok yang harus dikeluarkan atau dizakati.

Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa pada hari lebaran Idulfitri, semua orang menikmati makanan pokok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)