alexametrics

Jefri Korban OPM Batal Rayakan Natal Setelah Lima Tahun Tak Pulang

loading...
Jefri Korban OPM Batal Rayakan Natal Setelah Lima Tahun Tak Pulang
Foto Jefri Simaremare, pekerja PT Istaka Karya yang tewas ditembak OPM di Kabupaten Nduga, Papua. FOTO/SINDOnews/M ANDI YUSRI
A+ A-
SERDANG BEDAGAI - Penembakan puluhan pekerja PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua oleh kelompok separatis OPM meninggalkan duka mendalam bagi Santi Sirait di Dusun I, Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut). Putra kesayangannya, Jefri Simaremare (28) menjadi salah satu korban tewas dalam peristiwa tersebut.

Jefri adalah putra kedua dari hasil pernikahan Santi dengan Joel Simaremare. Jefri merantau jauh ke Papua sejak lima tahun terakhir. Rencananya dia akan pulang untuk pertama kalinya pada Desember ini merayakan Natal bersama keluarga di kampung halaman.

"Kami pasti merasa kehilangan. Karena dia juga bagian tulang punggung keluarga kami. Dari hasil kerjanya, Jefri membantu biaya hidup keluarga, terutama sejak ayah sakit," kata kakak kandung Jefri, Tetti Marlina Simaremare saat ditemui di Rumahnya, Sabtu (8/12/2018).

Berdasarkan pantauan di rumah duka, sanak saudara, kerabat, dan tetangga silih berganti datang melayat sejak Jumat (7/12/2018). Jenazah Jefri telah tiba di rumah duka setelah mendarat di Bandara Kualanamu, Medan, Sabtu (8/12/2018) pagi. (Baca juga: Tiba di Bandara Kualanamu, Jenazah Korban OPM Jefri Disambut TNI)

Menurut Tetti, ibunya tak henti-hentinya menangis sejak mengetahui peristiwa penembakan terhadap proyek Jalan Trans Papua melalui media massa, Senin (3/12/2018). Padahal, kabar kepastian meninggalnya Jefri baru diterima keluarga pada Kamis (6/12/2018).

"Kita mendapat kabar Jefri meninggal dalam peristiwa di Papua dari sepupu yang tinggal di sana. Jefri sudah 4 atau 5 tahun merantau di Papua kerja di proyek itu. Ibu sudah sejak Senin menangis terus kontak batin meski baru dikabari sepupu kepastian Jefri meninggal hari Kamis," katanya.

Menurut Tetti, jenazah adiknya itu akan dikebumikan di pekuburan keluarga yang berada di belakang rumah. Namun, sebelumnya akan dilakukan kebaktian, doa serta upacara adat Batak untuk penghormatan terakhir bagi jenazah Jefri. "Rencana di belakang rumah bersebelahan dengan makam opung dan adik," ujarnya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak