Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur

Rabu, 17 April 2024 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur


Dirinya mengaku tak ingat betul sejak kapan nasi kikil itu dijual oleh neneknya dahulu, tapi ada cerita dari keluarga nenek sudah berjualan nasi kikil sejak sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.



“Sudah lama berdiri, tahunnya saya nggak tahu pasti, yang jelas sebelum kemerdekaan itu sudah ada. Dari dulu memang warnanya merah, jadi makanya sebutannya Warung Abang,” ucap Siti Munazila kepada iNews Media Group.

Sejak tahun 1995, dikatakan Munazilah, warung dikelola oleh ibunya, Siti Qoirumlah. Munazilah dan ketiga saudara kandungnya, menjadi generasi ke tiga yang meneruskan bisnis kuliner ini.

”Saya ini generasi ketiga mengelola sama adik - adik. Kalau nama asli warung ini, Warung Abang. Tapi orang - orang nyebutnya warung kikil Gus Dur, karena ya itu tadi, Gus Dur sering makan di sini. Akhirnya sebutannya juga warung kikil kesukaan Gus Dur,” jelasnya.

Dijelaskan Munazilah, Gus Dur kerap kali makan di warungnya saat tengah dikelola sang ibu. Bahkan katanya, Gus Dur sering makan di warungnya, sebelum menjadi Presiden Republik Indonesia.

Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur


Ketika sudah menjadi presiden pun, bila beliau sedang pulang ke Jombang juga menyempatkan diri mampir makan di warung kikil tersebut.

Menurutnya, meski sosok Gus Dur seorang pejabat saat makan di warung ini tak ada yang diistimewakan. Bahkan beliau sendiri yang meminta tak diistimewakan kendati saat menjadi presiden dan salah satu tokoh agama terkemuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0065 seconds (0.1#10.140)