Hujan Lebat, 606 Rumah di Maluku Tengah Terendam Banjir

Sabtu, 06 April 2024 - 11:23 WIB
loading...
Hujan Lebat, 606 Rumah di Maluku Tengah Terendam Banjir
Banjir merendam 606 rumah di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Foto/BNPB
A A A
MALUKU TENGAH - Banjir menerjang 606 rumah di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Banjir terjadi dipicu hujan lebat serta kurang memadainya sistem drainase sehingga menyebabkan banjir meluap ke permukiman warga.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian Operasi BNPB banjir setinggi 15 cm hingga 100 cm yang merendam wilayah Desa Leawai, Waeasi, Marasahua, Sariputih, Kobimukti di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi.

”Dilaporkan sebanyak 606 kepala keluarga terdampak banjir, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Sabtu (6/4/2024).



Upaya penanganan banjir BPBD Kabupaten Maluku Tengah melakukan pendataan dan membantu warga bergotong-royong membersihkan material sedimen banjir dan saluran drainase. Kondisi terkini banjir berangsur surut.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Kabupaten Maluku, Sabtu (6/4) kondisi cuaca pada siang hari berawan, saat sore dan malam terjadi hujan disertai petir.



Sedangkan pada Minggu (7/4) kondisi cuaca pagi hingga siang berawan, namun terjadi hujan disertai petir saat sore hingga malam. BNPB mengimbau Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan masyarakat agar tetap waspada karena perkiraan musim hujan masih terus berlangsung.

Jika terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari 1 jam, masyarakat di daerah sepanjang aliran sungai atau daerah dengan kelerengan curam agar berinisiatif untuk evakuasi mandiri.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)