Banjir Terjang Kepulauan Sula Maluku Utara, 50 Rumah Terendam

Sabtu, 15 Juli 2023 - 14:27 WIB
loading...
Banjir Terjang Kepulauan Sula Maluku Utara, 50 Rumah Terendam
Banjir di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara mengkibatkan sebanyak 69 KK dan 238 jiwa terdampak. Foto/Istimewa
A A A
KEPULAUAN SULA - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada Jumat, (14/7) Pukul 11.00 WIT menyebabkan banjir di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Akibat banjir tersebut sebanyak 69 KK dan 238 jiwa terdampak.

Data dari Pusdalops BNPB menyebutkan wilayah terdampak berada Kecamatan Mangoli Timur, Desa Waitina.

”BPBD Sula melaporkan Kerugian material akibat banjir dengan tinggi muka air antara 40 hingga 50 cm menyebabkan 50 rumah terendam,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Sabtu (15/7/2023).



Abdul mengatakan, upaya penanganan bencana banjir dilakukan oleh Tim BPBD Kab Sula ke lokasi kejadian membantu mengevakuasi warga, barang-barang serta melakukan pendataan rumah terdampak dan kebutuhan mendesak.

”Informasi terkini dari BPBD Kabupaten Kepulauan Sula pada Jumat (14/7) banjir sudah berangsur surut,” ujarnya.



Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi prakiraan cuaca melalui laman websitenya. Untuk wilayah Kabupaten Sula pada Sabtu, (15/7) hujan ringan dan berawan sedangkan pada Minggu (16/7) cuaca cenderung berawan.

Mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk selalu waspada apabila curah hujan tinggi dengan durasi diatas satu jam.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)