Banjir Bandang dan Longsor di Bandung Barat, Jabar Bergerak: Korban Butuh Donasi

Senin, 25 Maret 2024 - 11:04 WIB
loading...
Banjir Bandang dan Longsor di Bandung Barat, Jabar Bergerak: Korban Butuh Donasi
Warga berupaya mengevakuasi korban longsor di Desa Cibenda, Kampung Gintung Kabupaten Bandung Barat. Foto/Instagram @ataliapr
A A A
BANDUNG BARAT - Duka mendalam dirasakan Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya atas bencana banjir bandang yang terjadi di Kampung Joglo, Desa Sirnagalih dan longsor di Desa Cibenda, Kampung Gintung Kabupaten Bandung Barat pada Minggu (24/3) malam.

Hujan deras yang menyebabkan meluapnya Sungai Cijambu tersebut merendam puluhan rumah warga. Bukan hanya itu, bencana alam tersebut juga mengakibatkan dua jembatan penghubung antardesa terputus.

"Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn, ya Allah," tulis Atalia dalam Instagram pribadinya, Senin (25/4/2025).



"Banjir Bandang di Desa Sirnagalih: 2 Jembatan penghubung antar Desa Sirnagalih Cijambu terputus. Wilayah Kp. Ciawi teredam banjir dengan ketingggian air kurang lebih 3 M, 1 korban dilarikan ke RS karena terendam," tambahnya.

Dalam unggahannya, istri Ridwan Kamil ini mem-posting sejumlah video yang memperlihatkan kondisi banjir di daerah tersebut. Salah satu videonya, memperlihatkan sejumlah warga yang sedang mencoba mengevakuasi korban yang terjebat dalam longsoran.

Warga tersebut terhimpit di antara reruntuhan akibat longsor. Korban pun tampak tidak bisa bergerak sama sekali. Terlihat, warga sesekali memberikan minum sambil membasuh muka korban.



Di video lainnya, memperlihatkan banyaknya warga yang terluka akibat terkena longsoran sehingga diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.



"Desa Cibenda: Longsor kp. Gintung kurang lebih 30 bangunan tergusur dan tertimpa tanah. Korban jiwa: 1 orang Anak usia 6 tahun blm ditemukan, 1 orang Dewasa masih dalam evakuasi penyelamatan dari timbunan longsor," lanjutnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya pun mengajak kepada seluruh pihak untuk mengulurkan tangannya membantu para korban dengan cara berdonasi melalui Jabar Bergerak.

”Bantuan dalam bentuk logistik bisa ke Sekretariat jabar bergerak Jl. Braga, bantuan dalam bentuk dana JABAR BERGERAK 0092960341100 Bank BJB KCP Simpang Dago. Gunakan kode (025) di nominal donasi. Contoh: Rp. 100.025,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)