Penyuluh Agama Islam Karanganyar Menyemai Cinta dalam Festival Ramadan Asyik

Senin, 25 Maret 2024 - 01:38 WIB
loading...
A A A
“Ini juga mendatangkan ridho Allah SWT dan merupakan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Seperti memberikan makanan berbuka bagi keluarga maupun tetangga, menghibur saudara muslim yang sedang kesusahan, ataupun membantu yang memerlukan bantuan,” kata dia.

Ustadz Zuhaid juga mengajak kepada hadirin untuk mendoakan sesama muslim, sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah SAW mengatakan tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, dan bagimu juga kebaikan yang sama (HR. Muslim).

“Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa mendoakan saudara muslim lainnya dan mengutus malaikat untuk mengaminkan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya. Dan sebagai balasannya malaikat itupun diperintahkan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut,” ujar Ustad Zuhaid.

Di kesempatan yang sama, Zulfikar Hadid yang mewakili Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjelaskan bahkan penyuluh agama merupakan posisi sangat strategis, sebagai ujung tombak untuk menyosialisasikan kerukunan umat beragama, mencegah kondisi masyarakat intoleransi serta memastikan norma agama dapat mewarnai kehidupan sehari hari masyarakat.

Ia juga mengungkapkan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk, plural, kaya akan perbedaan suku, bahasa, agama dan adat istiadat, akan tetapi dengan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, masyarakat dapat hidup damai dan rukun.

baca juga: Ringankan Beban Warga, Petebu Ganjar Gelar Bazar Sembako Murah di Karanganyar

“Perbedaan ini merupakan bentuk kebinekaan, harus dimanage dan disikapi dengan baik karena sesungguhnya perbedaan cenderung menjadi faktor pemecah belah umat. Oleh karena itu penyuluh agama merupakan tokoh perekat dalam perbedaan tersebut,” kata dia.

Setali tiga uang, Ruslan selaku Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar mengungkapkan bahwa peran penyuluh adalah melakukan pembangunan pemerintah dengan bahasa agama. Kegiatan bakti sosial dan pengajian akbar ini, kata dia, turut menyukseskan program pemerintah di bidang keagamaan dan pembangunan mental.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian penyuluh agama Islam terhadap masyarakat yang membutuhkan, mengingat situasi ekonomi sekarang yang kurang stabil. Dengan dilaksanakannya bakti sosial ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di saat harga kebutuhan bahan pokok melambung tinggi, dan menjadi wujud nyata menebar cinta kepada saudara muslim di bulan penuh berkah,” tandasnya.
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)