Pipa Terbakar, Ribuan Jiwa di Lereng Merbabu Kesulitan Air Bersih

Senin, 15 Oktober 2018 - 15:00 WIB
Pipa Terbakar, Ribuan Jiwa di Lereng Merbabu Kesulitan Air Bersih
Pipa Terbakar, Ribuan Jiwa di Lereng Merbabu Kesulitan Air Bersih
A A A
SEMARANG - Kebakaran lahan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tidak hanya merusak ekosistem hutan di gunung berketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Kebakaran juga memutuskan jaringan pipa air bersih yang mengalir ke sejumlah dusun di Desa Batur.

Akibatnya, sebanyak 280 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Dusun Nglelo dan Thekelan, Desa Batur kesulitan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, mereka harus ngangsu (mengambil air) ke dusun lain.

Kepala Desa Batur Radix Wahyu Dwi Yuni Ariadi menuturkan, jaringan pipa yang mengalirkan air bersih dari sumber air yang berada di lereng Gunung Merbabu ke Dusun Nglelo dan Thekelan terbakar sehingga aliran air bersih terputus. "Sejak tadi pagi, air sudah tidak mengalir dan warga ngangsu ke dusun lain," katanya, Senin (15/10/2018).

Menurut dia, jumlah warga yang kesulitan air bersih di Dusun Thekelan sebanyak 200 KK. Sedangkan di Dusun Nglelo sebanyak 80 KK. "Sejauh ini, masyarakat masih bisa mendapatkan air bersih meski harus ngangsu ke dusun lain. Untuk penanganan masalah air bersih selanjutnya, kami masih menunggu perkembangan," katanya.

Warga Dusun Nglelo, Desa Batur Sutimin (47) mengatakan, untuk mendapatkan air bersih, mulai tadi pagi warga terpaksa harus ngangsu ke dusun lain yang jaraknya cukup jauh. "Kalau air tidak mengalir, mau tidak mau ya harus ngangsu. Air merupakan kebutuhan yang paling dasar," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7580 seconds (0.1#10.140)