Serangan Kera Liar di Garut Akibatkan 1 Warga Tewas dan 2 Luka-luka

Kamis, 21 Maret 2024 - 22:03 WIB
loading...
Serangan Kera Liar di Garut Akibatkan 1 Warga Tewas dan 2 Luka-luka
Seorang korban luka serangan kera liar di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Cibatu Kamis (21/3/2024). Foto/ Fani Ferdiansyah
A A A
GARUT - Seekor kera liar menyerang warga di Kabupaten Garut menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya luka-luka. Korban tewas bernama Rusli (62), warga Kampung Anggrek RT01 RW14, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu.

Dua korban terluka, yaitu Suripto (58) dan Ahdan (5), mengalami luka dalam serangan kera liar tersebut. Luka yang dialami Suripto cukup parah, yaitu robek pada bagian tangan, sementara Ahdan terluka karena digigit.

Camat Cibatu Sardiman Tanjung mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Kamis (21/3/2024) pukul 06.30 WIB. Sardiman menjelaskan serangan terjadi saat para korban mencoba menangkap kera liar menggunakan tali dan tongkat.



“Kera liar itu justru malah menyerang para korban. Karena kaget, seorang korban bernama Rusli terjatuh. Korban ini memiliki riwayat penyakit jantung," kata Sardiman Tanjung.

Berbeda dengan Rusli dan Suripto, Ahdan seorang bocah yang menjadi korban, diserang dan digigit pada bagian paha saat sedang bermain. Upaya penangkapan monyet liar oleh warga di Desa Wanakerta itu bukan tanpa alasan.

Menurut Sardiman, warga melaporkan jika monyet liar tersebut telah berkeliaran di desa selama satu minggu. Oleh karena itu, warga mencoba menangkap monyet itu karena meresahkan.

“Para korban telah dievakuasi ke Puskesmas Cibatu untuk mendapat penanganan medis. Sementara kera liar yang melakukan serangan sudah dilumpuhkan dengan menggunakan senapan angin," ujarnya.



Camat Cibatu menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat, termasuk langkah-langkah pengamanan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)