Kasih Tak Sampai ke Putri Sunda Bikin Hayam Wuruk Galau Nikahi Paduka Sori

Kamis, 21 Maret 2024 - 05:53 WIB
loading...
Kasih Tak Sampai ke Putri Sunda Bikin Hayam Wuruk Galau Nikahi Paduka Sori
Kisah cinta Raja Majapahit Hayam Wuruk dengan putri sunda Dyah Pitaloka Citraresmi. Foto/Istimewa/AI Nusantara
A A A
Perang Bubat membuat hati Raja Majapahit Hayam Wuruk berantakan. Bagaimana tidak, sosok perempuan yang hendak ia nikahinya yakni Dyah Pitaloka Citraresmi berakhir gagal.

Bahkan sosok perempuan anak Raja Sunda Maharaja Linggabuana Wisesa ini harus meninggal bunuh diri melihat ayah dan ibunya meninggal saat perang ditumpas Gajah Mada.

Gajah Mada memporak-porandakan rencana lamaran dan pernikahan antara Hayam Wuruk raja muda Majapahit itu dengan putri Sunda. Apalagi sosok Dyah Pitaloka Citraresmi juga memiliki kecantikan luar biasa sehingga membuat Hayam Wuruk, benar-benar bucin.



Peperangan Bubat memang membuat kondisi lamaran dan pernikahan jadi kacau semuanya. Peperangan berat sebelah ini mengakibatkan seluruh rombongan pengiring pengantin dari Kerajaan Sunda gugur.

Konon dari pejabat Sunda - hingga pasukannya, termasuk sang raja sendiri hanya satu perwira yang berhasil melarikan diri yakni Pitar, karena berpura-pura gugur.

Sementara sang putri Sunda Dyah Pitaloka Citraresmi memilih mengakhiri hidupnya sendiri melihat ayah ibunya gugur di tangan pasukan Bhayangkara yang dikomandoi Gajah Mada. Ia tampak sedih dan terkejut usai Perang Bubat.

Usai Perang Bubat, sebagaimana dikutip dari "Tafsir Sejarah Nagarakretagama" dari Prof. Slamet Muljana, Hayam Wuruk memang terlihat sedih. Ia merasa bersalah karena niatan menikahnya gagal terealisasi hingga membuat Dyah Pitaloka Citraresmi memilih bunuh diri.



Tetapi dikisahkan pada Pararaton sebagaimana tercantum pada buku yang ditulis sejarawan Prof. Slamet Muljana tersebut, Hayam Wuruk sebenarnya juga akhirnya menikah dengan seorang perempuan cantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)