Atasi Banjir Demak-Kudus, BNPB Perbaiki Tanggul Sungai Wulan yang Jebol

Selasa, 19 Maret 2024 - 20:12 WIB
loading...
Atasi Banjir Demak-Kudus, BNPB Perbaiki Tanggul Sungai Wulan yang Jebol
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera memperbaiki tanggul sungai Wulan yang jebol untuk mengatasi banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera memperbaiki tanggul sungai Wulan yang jebol untuk mengatasi banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah. BNPB juga melakukan penyedotan air menggunakan pompa agar akses jalur pantura yang tergenang banjir bisa dilintasi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan perbaikan tanggul sungai Wulan yang jebol pun ditargetkan rampung akhir pekan ini. Tanggul sungai Wulan akan diperkuat dan ditinggikan.

Sementara itu akses ruas pantura yang terputus akibat genangan ditargetkan juga rampung pekan ini dengan terus melakukan penyedotan dengan pompa. “Progresnya hingga saat ini untuk perbaikan tanggul yang jebol sudah selesai ditutup, artinya tidak ada lagi limpasan air Sungai,” katanya, Selasa (19/3/2024).



Abdul Muhari yang akrab disapa Aam menambahkan, penyedotan air yang menggenangi ruas pantura juga menjadi prioritas agar bisa dilewati. “Ini estimasinya itu membutuhkan 4-5 hari atau karena kapasitas pompa yang sedikit banyak kita targetkan 3 hari,” ucapnya.

Aam menyebutkan bahwa dua wilayah di Jawa Tengah yakni Demak dan Kabupaten Kudus ketinggian banjir masih signifikan mencapai 30-180 centimeter. Dari peninjauan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto ke sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang terdampak bencana diketahui wilayah Demak dan Kudus yang paling parah.

“Dari Kabupaten/Kota terdampak ini untuk yang masih signifikan daerah genangan dan banjirnya dengan ketinggian 30-180 centimeter atau maksimal 2 meter itu tinggal di wilayah Demak dan Kudus,” ujarnya.



Banjir menerjang sejumlah kota/kabupaten di Jawa Tengah, seperti Kendal, Semarang, Pati, Jepara, Kudus, Demak dan Grobogan. Banjir yang mengepung wilayah Jawa Tengah ini akibat cuaca ekstrem akhir pekan lalu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)