Awas! Makanan Berformalin dan Pakai Pewarna Tekstil Ditemukan di Banyumas

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:58 WIB
loading...
Awas! Makanan Berformalin dan Pakai Pewarna Tekstil Ditemukan di Banyumas
BPOM Banyumas, Jawa Tengah menggelar sidak makanan dan minuman di Pasar Manis Purwokerto, pada Selasa (19/3/2024) siang. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banyumas, Jawa Tengah menggelar sidak makanan dan minuman di Pasar Manis Purwokerto, pada Selasa (19/3) siang.

Dari 21 sampel makanan yang diperiksa, 5 makanan mengandung pengawet formalin serta pewarna tekstil yang membahayakan kesehatan.



Sidak makanan dilakukan dengan langsung melakukan pengecekan terhadap makanan yang dijual di pasar tradisional ini.

Pengecekan dengan menggunakan alat sinar ultra violet ini terhadap terhadap makanan yang berwarna. Hal ini untuk mendeteksi kandungan zat pewarna dalam makanan.



Petugas kemudian mengambil sejumlah sampel makanan berwarna yang diduga mengandung zat pewarna, untuk dilakukan uji laboratorium. Tidak hanya itu, petugas BPOM juga mengambil sampel ikan teri dari pedagang, serta makanan berbahan ikan lainnya. Hal ini untuk mengetahui apakah makanan ini menggunakan zat pengawet atau tidak.

Dari para pedagang ini, petugas mengambil 21 sampel serta makanan untuk diperiksa laboratorium. Pemeriksaan dilakukan langsung di lokasi.



Hasilnya, dari 21 sampel makanan yang diperiksa, 5 sampel mengandung zat berbahaya. Di antaranya, ikan teri nasi dan cumi yang mengandung bahan pengawet formalin, serta kerupuk dan aromanis dengan pewarna tekstil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)