Banjir Melanda Kota Palangkaraya, 4 Warga Meninggal Tenggelam dan Satu Hilang

Kamis, 14 Maret 2024 - 21:51 WIB
loading...
Banjir Melanda Kota Palangkaraya, 4 Warga Meninggal Tenggelam dan Satu Hilang
Banjir yang di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menyebabkan lima warga tenggelam. Foto/Istimewa
A A A
PALANGKARAYA - Banjir yang di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menyebabkan lima warga tenggelam. Keempat warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan satu orang lainnya hilang dan masih dalam pencarian.

Manajer Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya , Balap Sipet melaporkan peristiwa tenggelamnya kelima korban ini terjadi pada rentang waktu dan lokasi yang berbeda.

“Sampai hari ini ada lima warga tenggelam. Empat warga sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan satu orang masih dalam pencarian oleh tim gabungan di Sungai Kahayan,” jelas Balap, Kamis (14/3/2024).

Dari kelima korban tersebut, dua di antaranya adalah anak-anak yang diduga tenggelam ketika bermain air pada saat air pasang. Bahkan satu korban yang masih dalam pencarian ini adalah satu dari sepuluh anak yang tenggelam saat bermain air.



Sembilan anak berhasil diselamatkan, namun satu anak dinyatakan hilang diduga hanyut di Sungai Kahayan. “Satu yang masih dalam pencarian ini sebenarnya dari 10 anak yang sedang bermain air saat pasang,” ungkap Balap.

Bencana banjir yang terjadi di Kota Palangkaraya menurut keterangan Balap sudah terjadi sejak tiga minggu yang lalu. Dua kelurahan Sebaru dan Banturung menjadi wilayah yang pertama kali terdampak banjir akibat cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang.

Kelurahan Sebaru dan Banturung terendam banjir selama hampir dua minggu lamanya. Namun kondisi sekarang ini sudah terpantau surut. Lokasi kedua kelurahan ini juga berada di dataran yang lebih tinggi.

"Ada dua kelurahan Sebaru dan Banturung yang mengalami penurunan tinggi muka air. Kelurahan ini ada di dataran tinggi, sehingga genangan sudah berangsur surut. Hampir dua minggu terendam dan saat ini sudah surut total,” kata Balap.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)