7 Menu Takjil Khas Jawa Barat, Ada Tahu Gejrot hingga Es Goyobod yang Menggoda

Selasa, 12 Maret 2024 - 12:38 WIB
loading...
7 Menu Takjil Khas Jawa Barat, Ada Tahu Gejrot hingga Es Goyobod yang Menggoda
Es Goyobod menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat yang kerap diburu sebagai takjil saat bulan Ramadan. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Berburu takjil menjadi salah satu kegiatan yang dirindukan saat bulan suci Ramadan . Adapun jenis takjil yang biasanya diburu adalah beragam kuliner manis, gurih, serta minuman yang menyegarkan.

Berbicara tentang kuliner, di Jawa Barat ada beraneka ragam kuliner yang bisa dijadikan takjil. Beberapa daerah punya keunggulan masing-masing yang tentunya sangat lezat untuk disantap ketika berbuka puasa.



Penasaran dengan nama kulinernya? Berikut ini 7 macam takjil yang selalu jadi andalan untuk berbuka puasa, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tahu Gejrot


Sesuai namanya, kuliner ini menggunakan tahu sebagai sajian utama. Tahu tersebut dipotong kecil-kecil untuk selanjutnya disiram dengan kuah bercita rasa manis pedas.



Menurut informasi, dulu tahu gejrot hanya disantap oleh masyarakat kalangan bawah. Tapi sekarang, tahu gejrot ‘naik kelas’ dan bahkan bisa ditemui dengan mudah di berbagai kota di Indonesia.

2. Bubur Candil


Bubur candil merupakan kuliner yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan kuah santan. Makanan manis ini menjadi salah satu kudapan yang mudah ditemui ketika berburu takjil.



Kombinasi rasa gurih serta manisnya gula merah yang menyatu dalam bubur candil ini membuat ketagihan bagi siapa saja yang menyantapnya. Sama seperti kolak, hidangan ini bisa dinikmati saat hangat ataupun ketika dingin.

3. Mie Glosor


Mie glosor sangat mudah ditemukan di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kuliner ini akan lebih lezat jika disantap bersamaan dengan bumbu kacang yang memiliki cita rasa pedas.



Mie ini sangat licin dan kenyal, beda dari mie berbahan baku lain yang biasanya punya tekstur kesat. Ciri lainnya adalah penggunaan kunyit sebagai pewarna, yang membuat tampilannya menarik serta menggugah selera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)