Misteri dan Penyebab Kematian Mahapatih Gajah Mada

Sabtu, 02 Maret 2024 - 06:59 WIB
loading...
Misteri dan Penyebab Kematian Mahapatih Gajah Mada
Mahapatih Kerajaan Majapahit Gajah Mada. Foto/Istimewa
A A A
Gajah Mada meninggal karena apa? Hal ini kerap menjadi pernyataan karena ada beberapa versi cerita tentang kematian mahapatih tersohor dari Kerajaan Majapahit tersebut.

Berkat Mahapatih Gajah Mada yang menjunjung tinggi sumpahnya, dikenal sebagai Sumpah AMukti Palapa, Kerajaan Majapahit berhasil jadi salah satu kerajaan yang paling disegani di nusantara.

Sayangnya nama besar Gajah Mada harus redup di Perang Bubat. Menurut jurnal "Gajah Mada Sang Maha Patih Pemersatu Nusantara di Bawah Majapahit", perang Bubat menyebabkan namanya semakin berkurang kharismanyadilingkungan Majapahit.



Namun sebenarnya apa yang terjadi di perang Bubat sehingga membuat sang Maha Patih meredup hingga pada akhirnya meninggal dunia? Meski memiliki beberapa versi cerita, namun kisah meninggalnya Mahapatih ini selalu berkaitan dengan perang Bubat.

Penyebab Meninggalnya Gajah Mada

Ketika Kerajaan Majapahit berada di puncak kejayaannya, terdapat satu kerajaan yang masih belum bisa ditaklukkan, yakni Kerajaan Sunda.

Suatu ketika, Raja Majapahit Hayam Wuruk jatuh cinta dengan putri Kerajaan Sunda yang bernama Dyah Pitaloka Citraresmi. Akhirnya kedua kerajaan setuju untuk melangsungkan pernikahan di pusat Kerajaan Majapahit.

Ketika rombongan Kerajaan Sunda tiba dan berkemah di Bubat, muncul perselisihan karena pada saat itu Gajah Mada menganggap bahwa pernikahan antara Hayam Wuruk dengan Dyah Pitaloka adalah salah satu bentuk tunduknya Kerajaan Sunda di tangan Majapahit.

Hal itu membuat rombongan Kerajaan Sunda tersulut amarah dan pecahlah perang Bubat. Dalam perang ini Majapahit berhasil menang, namun putri Dyah Pitaloka harus menjadi korban di perang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4036 seconds (0.1#10.140)