Banjir Bandang Terjang 3 Desa di Lereng Gunung Merbabu, Ini Kata BPBD

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:55 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang 3 Desa di Lereng Gunung Merbabu, Ini Kata BPBD
Detik-Detik Banjir Bandang di Lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Foto/Tangkapan Layar
A A A
SEMARANG - Banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang pada Rabu (28/2) sore. Akibatnya, tiga desa dan enam dusun di Lereng Gunung Merbabu terdampak banjir parah tersebut.

Mencegah banjir kian tinggi, petugas BPBD Kabupaten Semarang bersama warga langsung berupaya mengurai material tanah, bebatuan, dan ranting yang menyumbat saluran air yang menggenangi akses jalan.



Kepala BPBD Kabupaten Semarang Alexander Gunawan mengatakan, banjir yang menerjang permukiman warga dipicu kondisi Gunung Merbabu yang gundul akibat kebakaran hutan beberapa waktu lalu membuat air turun ke lereng dengan volume yang cukup besar.

”Selain menggenangi ruas jalan pemukiman warga, banjir juga merendam tiga desa dan enam dusun di lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan,” kata Alexander dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).



Saat ini, BPBD Kabupaten Semarang akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang untuk melakukan assessment terkait dampak banjir bandang di kawasan lereng Gunung Merbabu.

Banjir bandang di kawasan lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sudah terjadi dua kali dalam kurun waktu empat bulan. Banjir bandang ini disebabkan oleh dampak kebakaran hutan yang terjadi pada Oktober tahun 2023.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)