7.545 Personel Keamanan Disebar di Penjuru Palembang

Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:21 WIB
7.545 Personel Keamanan Disebar di Penjuru Palembang
7.545 Personel Keamanan Disebar di Penjuru Palembang
A A A
PALEMBANG - Sebanyak 7.545 personel keamanan gabungan disebar di setiap sudut Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ribuan petugas ini disiagakan mengantisipasi gangguan yang dapat membahayakan para atlet dan ofisial Asian Games 2018.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, setelah persiapan sarana dilakukan dan tuntas, keamanan menjadi faktor vital yang harus disiapkan menjelang pembukaan Asian Games 2018. Apalagi kontingen sejumlah negara telah tiba di Palembang secara bertahap.

"Petugas keamanan ini akan bertugas secara menyeluruh untuk mengamankan Asian Games 2018, yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang," kata Alex Noerdin, didampingi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, usai apel keamanan Asian Games di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (14/8/2018).

Gubernur menjelaskan, kesiapan di bidang keamanan tak kalah penting dalam menyukseskan Asian Games. Para personel ini, kata Alex, nantinya akan menyebar di sejumlah titik, mulai dari bandara, titik-titik rawan di Kota hingga di dalam Kompleks JSC dan Atlet Village.

"Keamanan ini harus dipastikan betul-betul siap, untuk memberikan rasa aman dan menjaga suasana kondusif kepada atlet-atlet dari dalam dan luar negeri," katanya.

Kapolda Sumsel, Irjel Pol Zulkarnain Adinegara menambahkan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Kodam II/Sriwijaya untuk mengantisipasi ancaman-ancaman yang diprediksi akan membahayakan para atlet dan official, mulai dari terorisme, kejahatan jalanan hingga antisipasi kemacetan jalanan.

"Karena ini menjadi sisi vital yang harus benar-benar siap. Jadi kami terus melakukan koordinasi ke semua pihak, apalagi ini akan membawa nama baik Indonesia, jadi kami pastinya tidak main-main," tegasnya.

Kapolda menyebutkan, ada beberapa titik yang menjadi fokus perhatian pengamanan, di antaranya venue hingga ke city tour atau tempat-tempat wisata. "Pengamanan venue dan city tour, yaitu tempat-tempat yang kemungkinan akan dikunjungi oleh para suporter maupun atlet yang telah bertanding," pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3423 seconds (0.1#10.140)