Blitar Gempar! Video Ritual Aliran Sesat Tukar Pasangan Hebohkan Warga

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:46 WIB
loading...
Blitar Gempar! Video Ritual Aliran Sesat Tukar Pasangan Hebohkan Warga
Warga Blitar dihebohkan dengan kemunculan aliran sesat yang yang memperbolehkan jemaahnya untuk bertukar pasangan dalam ritualnya. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Beberapa hari terakhir warga Blitar dihebohkan dengan kemunculan aliran sesat yang yang memperbolehkan jemaahnya untuk bertukar pasangan dalam ritualnya. Kegaduhan itu terjadi setelah sebuah video beredar di masyarakat Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Dalam video yang beredar tersebut menampilkan beberapa jemaah yang memperbolehkan jemaahnya untuk bertukar pasangan dalam ritualnya. Belum diketahui lokasi ritual aliran sesat itu berada, namun warga Blitar menjadi gaduh dan resah dengan video viral tersebut.

Menjawab keresahan warga tersebut, Polres Blitar langsung turun tangan melakukan penyelidikan terkait video viral tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata video tersebut merupakan sebuah konten fiktif yang sengaja dibuat seorang pria di Blitar, Jawa Timur.



Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria mengatakan, video viral tersebut sempat memicu kegaduhan dan keresahan masyarak Blitar. Namun, setelah ditelusuri dan dipastikan video tersebut hanya sebagai karya seni dari Samsudin.

”Jadi itu bukan ritual, hoaks. Video itu hasil karya YouTuber asal Blitar. Kami sudah melakukan klarifikasi menyatakan bahwa video tersebut bukanlah representasi dari suatu aliran sesat yang nyata dan hanya berupa konten,” kata Wiwit, Selasa (27/2/2024).

Meski demikian, kata dia, penyidik tetap mendalami kasus ini walaupun video tersebut sebuah konten, tapi sangat meresahkan masyarakat.



”Video tersebut meskipun hanya bersifat fiktif, bisa dianggap dapat menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran di tengah masyarakat Blitar,” ujarnya.

Video kontroversial ini diketahui dibuat di daerah Jawa Barat, namun pengunggahnya adalah warga Blitar, Jawa Timur, bernama Robby Ridwan. Untuk itu, dia meminta masyarakat Blitar tak gampang terpancing dengan isu apapun yang menimbulkan keresahan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3165 seconds (0.1#10.140)