Lombok Diguncang Gempa, 2 Ibu Melahirkan di Parkiran RSUP NTB

Senin, 06 Agustus 2018 - 05:41 WIB
Lombok Diguncang Gempa, 2 Ibu Melahirkan di Parkiran RSUP NTB
Lombok Diguncang Gempa, 2 Ibu Melahirkan di Parkiran RSUP NTB
A A A
JAKARTA - Dua bayi lahir secara normal di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) saat gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter(SR) mengguncang Lombok, Minggu 5 Agustus 2018. Kedua bayi dalam keadaan sehat.

Aryana, ibu dari salah satu bayi yang ditemui di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUP NTB mengungkapkan rasa syukurnya, dia berhasil melewati masa yang sangat menegangkan itu.

"Alhamdulillah bayi saya lahir dengan selamat dan sehat," kata Aryana di RSUP NTB, Senin 5 Agustus 2018.

Seorang bayi lain berada dalam pangkuan ibunya. Mereka masih dikelilingi keluarga dan orang-orang dekat untuk mengucapkan selamat.

Aryana mengaku sempat akan dibawa dari tempat tinggalnya ke Rumah Sakit Awet Muda di kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat saat tanda-tanda persalinan datang. Namun sampai di sana kondisi bangunan sudah hancur karena gempa.

"Akhirnya saya dirujuk ke RSUP NTB. Saat tiba di rumah sakit situasi masih panik. Pasien banyak dirawat di parkiran, termasuk ibu yang sudah melahirkan di samping saya. Alhamdulilah kami berdua melahirkan dengan selamat," ujar perempuan asal Desa Gerimak Indah, Lombok Barat ini.

Gempa bumi mengguncang Lombok, pada Minggu 5 Agustus 2018, pukul 18.46 WIB. BMKG menyatakan, pusat gempa bumi utama berada pada koordinat 8,37° LS dan 116,48° BT, dengan magnitudo 7,0 SR pada kedalaman 15 Km, berjarak 27 Km timur laut Lombok Utara.

Berkaitan gempa itu, BMKG mengeluarkan informasi dini mengenai potensi tsunami dari gempa bumi ini. Namun pada pukul 20.25 WIB, peringatan itu resmi dicabut. Hingga Senin pukul 02.00 WIB, 100 gempa susulan telah terjadi.

Pantauan di lokasi, hingga saat ini warga masih trauma. Mereka pun memilih bertahan di luar rumah. Tenda-tenda darurat telah didirikan untuk menampung para korban.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4230 seconds (0.1#10.140)