2 Gempa Besar Guncang Lombok pada Selasa Pahing, Ini Pemicunya

Selasa, 29 Agustus 2023 - 05:29 WIB
loading...
2 Gempa Besar Guncang Lombok pada Selasa Pahing, Ini Pemicunya
Gempa bumi bermagnitudo 5,0 mengguncang Lombok, NTB. Foto/BMKG
A A A
LOMBOK - Dua gempa besar mengguncang Lombok, NTB, dalam waktu hampir berdekatan. Gempa pertama terjadi pada pukul 02.55 WIB, Selasa (29/8/2023), dengan kekuatan magnitudo 6,5. Pada pukul 03.06 WIB, kembali terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,0.



menurut data BMKG, gempa pertama berpusat di laut berjarak 94 km arah timur laut Lombok Utara, NTB, dengan kedalaman 571 Km. Gempa kedua, pusatnya berada di 124 km arah timur laut Lombok Utara, NTB, dengan kedalaman 491 Km.



Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, dalam akun Twitternya mengungkapkan, gempa bumi di utara Lombok ini dirasakan di Kuta dalam V MMI, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa VI MMI, Karangkates III-IV MMI, Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan III MMI, dan Trenggalek II-III MMI.



Daryono juga menyebutkan, gempa bumi di utara Lombok ini merupakan jenis gempa bumi dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi di utara Lombok ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal)," tulis Daryono.



BMKG juga menyebut, dua gempa besar tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi. Warga diimbau untuk waspada erhadap potensi gempa bumi susulan, denganm menjauh dari bangunan yang rawan roboh untuk menghindari jatuhnya korban.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)