14 Daerah di Jatim Laksanakan PSU, Bawaslu Sebut demi Tegakkan Keadilan di Pemilu 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:06 WIB
loading...
14 Daerah di Jatim Laksanakan PSU, Bawaslu Sebut demi Tegakkan Keadilan di Pemilu 2024
Anggota Bawaslu Totok Hariyono. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia mencatat ada puluhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada belasan kabupaten dan kota yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

”Di Jawa Timur ada 69-an TPS yang PSU, ini masih kita update di 14 kabupaten kota se - Jawa Timur,” ucap Anggota Bawaslu Totok Hariyono usai meninjau PSU di TPS 37 Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (24/2/2024).

Jumlah itu menjadi bagian sekitar 2.000 TPS lebih yang ditemukan pelanggaran oleh Bawaslu, ada 1.300 TPS di seluruh wilayah Indonesia, dari yang melaksanakan coblosan ulang hingga hari ini sebagai batas akhir sebagaimana persyaratan PSU, yang diatur KPU.



”Ada sekitar seluruh pelanggaran total 2.000 lebih tapi untuk potensi PSU hampir 1.300 an,” kata Totok.

Menurut dia, pelaksanaan PSU itu merupakan bagian dari penegakan keadilan dalam perkara pelanggaran di Pemilu, supaya meminimalisir kerugian dari pihak-pihak peserta Pemilu. Tapi ia tak mau menyalahkan pelanggaran yang terjadi itu tanggung siapa.

Mengingat setiap wilayah dan TPS memiliki pelanggaran yang berbeda-beda, tergantung kondisinya.



”Artinya kita tidak bisa menyalahkan siapa - siapa karena case beda - beda conditioning, karena proses 5 tahun upaya sosialisasi sudah disampaikan KPU kerja keras Bawaslu juga” ungkapnya.

Makanya dia meminta penyelenggara Pemilu di tingkat KPPS hingga berjenjang di atasnya semaksimal mungkin untuk melaksanakan coblosan ulang, serta tidak lagi melaksanakan kesalahan pada tahapan pemungutan suara ulang.

Sebagai informasi, coblosan ulang atau PSU di tiga TPS di satu kecamatan di Kota Malang, dilaksakan karena adanya pemilih yang tidak terdaftar sebagai DPT dan DPTb sebanyak 84 orang.

Namun para pemilih ini tetap difasilitasi mencoblos di tiga TPS tersebut, yakni TPS 14 dan 37 Kelurahan Mojolangu, dan satu TPS 48 di Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru. PSU sendiri di tiga TPS di Kota Malang tu dilakukan serempak pada Sabtu (24/2/2024).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)