Satgas TNI Lumpuhkan Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo

Kamis, 22 Februari 2024 - 23:59 WIB
loading...
Satgas TNI Lumpuhkan Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo
Satgas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) dan menangkap dua lainnya, Kamis (22/2/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAYAPURA - Satgas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) dan menangkap dua lainnya, Kamis (22/2/2024). Mereka merupakan pelaku penembakan pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath Dekai, Yahukimo.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon SH MM, dalam keterangan yang disampaikan melalui Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, Satgas Marinir melakukan pemantuan dan pengejaran terhadap kelompok bersenjata setelah melakukan penembakkan terhadap pesawat Wings Air.

Pasukan TNI Satgas Yonif 7 Marinir dipimpin Mayor Mar Harionon sedang melaksanakan pengamatan di area asal penembakan pesawat Wings Air seputar Sungai Braza. Kemudian terjadi kontak tembak dengan KSTP yang menyebabkan 1 anggota KSTP tewas dan 2 lainnya ditangkap saat akan melarikan diri.



“Satu orang anggota KSTP tewas, dua orang KSTP tertangkap hidup. Keterangan dari Tim yang di lapangan, KSTP sejumlah 10 orang dengan satu pucuk senjata yang terlihat. Ketika terjadi kontak tembak mereka berhamburan lari menyelamatkan diri,” ujar Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa.

Sementara itu, dalam waktu hampir bersamaan, Kamis (22/2/2024) pukul 11.00 WIT terjadi kontak tembak Satgas Yonif 411/Pdw dengan KSTP di wilayah Distrik Paro Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

“Di tempat berbeda di Paro Nduga terjadi kontak tembak antara personel Satgas Yonif 411/Pdw Pos Paro yang sedang melaksanakan ambush dengan KSTP yang berjumlah 5 orang. Dilaporkan satu anggota KSTP terkena tembakan, namun berhasil ditarik dan dibawa lari oleh KSTP lainnya,” tambah Kapen Kogabwilhan III.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)