Daftar Raja Kerajaan Tarumanegara, Puncak Kejayaan di Era Purnawarman

Senin, 19 Februari 2024 - 21:07 WIB
loading...
Daftar Raja Kerajaan Tarumanegara, Puncak Kejayaan di Era Purnawarman
Kerajaan Tarumanegara menjadi salah satu kerajaan Hindu tertua di Tanah Air. Tarumanegara didirikan maharesi dari India, Jayasingawarman sekitar abad ke-4. Foto/Istimewa/@august_projection
A A A
RAJA Kerajaan Tarumanegara menjadi pembahasan menarik untuk diketahui daftarnya. Salah satunya paling terkenal adalah Purnawarman yang membawa Tarumanegara ke puncak kejayaan.

Kerajaan Tarumanegara menjadi salah satu kerajaan Hindu tertua yang pernah eksis di Tanah Air. Muncul sekitar abad ke-4, keberadaannya tak bisa dilepaskan dari sosok Jayasingawarman, seorang Maharesi dari India.



Berkaitan dengan sejarahnya, konon nama Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang tumbuh di sekitar Sungai Citarum, yaitu pohon Tarum. Dulunya, tanaman ini sudah dipakai masyarakat sebagai pewarna kain dan pengawet pakaian.

Raja-raja Kerajaan Tarumanegara


Sepanjang riwayatnya, Tarumanegara telah dipimpin berbagai raja yang berbeda. Beberapa nama yang terkenal adalah Jayasingawarman dan Purnawarman.

Sedikit dijelaskan di atas, kemunculan Tarumanegara tak bisa dilepaskan dari Jayasingawarman. Ia dikenal sebagai pendiri sekaligus raja pertama Tarumanegara.

Memimpin sekitar 358-382 M, Jayasingawarman dulunya dikenal sebagai maharesi dari India. Setelah datang ke Nusantara, ia dinikahkan dengan salah satu putri Raja Dewawarman VIII di Kerajaan Salakanagara.



Setelahnya, ia membuka wilayah sendiri dan mendirikan kerajaan baru.

Pada perkembangannya, puncak kejayaan Kerajaan Tarumanegara terjadi ketika dipimpin oleh Purnawarman.

Berstatus raja ketiga, ia menjabat sejak 395 M. Salah satu kisahnya yang melegenda dalam Prasasti Tugu adalah ketika mempersembahkan 1.000 ekor sapi kepada para Brahmana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0086 seconds (0.1#10.140)