Kisah Kesaktian Ken Arok yang Melegenda, Berhasil Selamat saat Dikeroyok Satu Kampung

Senin, 19 Februari 2024 - 17:39 WIB
loading...
Kisah Kesaktian Ken Arok yang Melegenda, Berhasil Selamat saat Dikeroyok Satu Kampung
Ken Arok dikenal sebagai sosok pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Singasari yang memiliki kesaktian tinggi. Dia selamat saat dikeroyok warga satu kampung. Foto/Instagram @ainusantara
A A A
MENDENGAR nama Ken Arok, sebagian orang tentu sudah cukup mengenalnya. Pada kisah-kisahnya yang tersebar, ia dikenal luas sebagai sosok pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Singasari.

Sebelum menjadi penguasa Singasari, Ken Arok yang memperistri Ken Dedes memiliki perjalanan hidup yang penuh lika-liku. Sebut saja seperti pernah dibuang oleh orang tua saat kecil hingga dibesarkan seorang perampok bernama Lembong.



Pada perkembangannya, Ken Arok bahkan sempat memiliki reputasi sebagai salah satu perampok yang paling ditakuti.

Kehidupan gelapnya ini terhenti setelah pertemuannya dengan brahmana bernama Lohgawe yang waktu itu mencari titisan Dewa Wisnu untuk menjadi raja di tanah Jawa.

Selain itu, masih banyak cerita-cerita menarik yang dimiliki Ken Arok, terutama kesaktiannya. Salah satunya adalah ketika dikisahkan berhasil lolos dari upaya pengeroyokan oleh warga penghuni sebuah kampung.

Kesaktian Ken Arok


Kejadian bermula ketika Ken Arok berguru kepada seorang pandai emas bernama Mpu Palot di Desa Turyantapada. Suatu hari, ia disuruh mengambil batangan emas pada kepala desa di Kabalon.



Namun, waktu itu orang-orang setempat tidak percaya bahwa Ken Arok adalah murid sekaligus utusan Mpu Palot. Setelahnya, terjadi sebuah insiden yang berujung pengeroyokan penduduk satu kampung.



Kisahnya tersebut pernah ditulis Slamet Muljana pada bukunya "Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit". Jadi, saat Ken Arok dikeroyok, tiba-tiba muncul suara dari langit yang mengatakan bahwa Ken Arok adalah putra Bhatara Guru yang belum selesai menjalankan tugasnya.

Tak berselang lama, warga kampung tersebut menghentikan aksinya. Alhasil, Ken Arok pun berhasil selamat.

Demikianlah ulasan mengenai kisah kesaktian Ken Arok yang selamat dari pengeroyokan warga satu kampung.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)