Rahasia Kecantikan Ken Dedes, Cahaya Betisnya Memikat Ken Arok

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 07:54 WIB
loading...
Rahasia Kecantikan Ken Dedes, Cahaya Betisnya Memikat Ken Arok
Patung Ken Dedes, rahasia kecantikannya memikat para raja. Bahkan Ken Arok langsung terpikat meski hanya melihat betisnya. Foto: Istimewa
A A A
Kisah para raja di Tanah Jawa tidak terlepas dari nama Ken Dedes , wanita Nareswari yang berarti wanita utama, putri dari Mpu Purwa, seorang pendeta Buddha aliran Mahayana dari Desa Panawijen.

Ken Dedes dianggap sebagai leluhur raja-raja yang berkuasa di tanah Jawa dan merupakan nenek moyang wangsa Rajasa, trah yang berkuasa di Singasari, Majapahit hingga Mataram.
Nama Ken Dedes juga tidak bisa dilepas dari nama Ken Aro, raja dan pendiri Kerajaan Singasari. Pertemuan pertama kali Ken Arok dan Ken Dedes terjadi di di Patirtan Watu Gede Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Saat itulah, Ken Arok jatuh cinta hanya karena melihat betis Ken Dedes. "Patirtan Watu Gede ini, digunakan khusus untuk para ratu. Salah satu yang utama adalah untuk Puteri Ken Dedes," ungkap sejarawan Universitas Negeri Malang (UM) Dwi Cahyono kepada SINDOnews beberapa waktu lalu.



Sedangkan dalam Kitab Pararaton menyebutkan “kengkis wetisira, kengkab tekeng rahasyanica, nener katon murub denira Ken Arok,” yang berarti “tersingkap betisnya, yang terbuka sampai terbuka rahasianya, lalu terlihat oleh Ken Arok”.

Suntingan Pararaton tersebut menunjukkan bahwa ada bagian tubuh istimewa dari Ken Dedes yang memancarkan cahaya magis saat terlihat oleh Ken Arok sewaktu masih menjadi abdi dalem Tunggul Ametung Akuwu Tumapel. Kemudian Ken Arok menceritakan apa yang dilihatnya kepada gurunya Pendeta Lohgawe.

Lalu Lohgawe menjelaskan kepada Ken Arok kalau wanita yang memancarkan cahaya magis seperti itu adalah Nareswari. "Dia adalah seorang wanita utama. Jika seorang laki-laki memperistri wanita seperti itu, maka dia akan menjadi maharaja," kata Pendeta Lohgawe.

Mendengar penjelasan itu Ken Arok termenung, dalam batinya berkecamuk. Ken Arok pun berusaha mendapatkan Ken Dedes. Dia lalu memesan keris Mpu Gandring, untuk membunuh Tunggul Ametung. Dengan kelihaiannya, Ken Arok dapat memperoleh tahta Tumapel, sekaligus memperistri Ken Dedes sehingga akhirnya dia menjadi raja pertama Singasari.

Sebelum Ken Arok, raja atau pemimpin Tumapel, Tunggul Ametung, Akuwu yang merupakan wilayah bawahan Kerajaan Panjalu Kediri juga jatuh hati pada Ken Dedes. Tunggul Ametung segera ingin mempersunting sang gadis cantik itu.

Tunggul Ametung mendatangi kediaman Ken Dedes. Karena saat itu ayahnya sedang berada di hutan, Ken Dedes meminta Tunggul Ametung supaya sabar menunggu. Namun Tunggul Ametung tidak kuasa menahan diri. Ken Dedes pun dibawanya pulang dengan paksa ke Kerajaan Tumapel untuk dinikahi.

Baca juga:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)