Gunungkidul Kembali Dapat Predikat Kabupaten Layak Anak

Selasa, 24 Juli 2018 - 12:17 WIB
Gunungkidul Kembali Dapat Predikat Kabupaten Layak Anak
Gunungkidul Kembali Dapat Predikat Kabupaten Layak Anak
A A A
GUNUNGKIDUL - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang menyelenggarakan layanan perlindungan bagi perempuan dan anak. Kali ini Gunungkidul kembali mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten layak anak untuk kategori madya.

Anugerah Kabupaten Layak Anak Diterima oleh Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Gunungkidul Sudodo di Dyandra Convention Center Surabaya, Senin 23 Juli 2018 malam. "Penghargaan ini merupaka n hasil kerja keras multi stakeholder di Gunungkidul," terang Sudodo kepada wartawan Selasa (24/7/2018).

Dia menjelaskan untuk meraih gelar ini terdapat lima indikator penilaian. Di antaranya pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan anak berkebutuhan khusus. pendidikan, pemanfatan waktu luang dan terakhir budaya dan perlindungan khusus. "Ke depan masih ada tugas berat untuk menaikkan kelas penghargaan menjadi kelas tertinggi yaitu Nindya," ucapnya.

Untuk meraih Nindya masih perlu kerja keras, di antaranya penguatan kelembagaan berupa penyusunan Perda, penyusunan rencana aksi daerah (RAD), pemahaman masing-masing organisasi pemerintah daerah (OPD) terhadap kebutuhan dsn hak anak melalui pelatihan di masing-masing OPD dan komitmen semua OPD dan lembaga-lembaga lain untuk mewujudkan Kabupaten layak Anak. "Penghargaan Madya diberikan kepada 51 kabupaten kota termasuk Gunungkidul," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6072 seconds (0.1#10.140)