Dinsos Karawang Luncurkan Mobil Anti Galau

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:00 WIB
Dinsos Karawang Luncurkan Mobil Anti Galau
Dinsos Karawang Luncurkan Mobil Anti Galau
A A A
KARAWANG - Tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di Kabupaten Karawang membuat Dinas Sosial Pemkab Karawang meluncurkan 'mobil gaul’ untuk membantu masyarakat yang mengalami masalah psiko sosial. Mobil anti galau ini bekerja hinga ke desa-desa di Kabupaten Karawang.

Mobil ini untuk memberikan bantuan bagi keluarga ataupun individu yang mengalami masalah psiko sosial. Di dalam mobil tersebut terdiri dari petugas dinas sosial, pekerja sosial, psikolog, dan ahli hukum yang melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Kami membentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) yang khusus menangani warga atau keluarga yang mengalami masalah psiko sosial. Maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak membuat kami merasa perlu memberikan pelayanan jemput bola kepada masyarakat menggunakan mobil gaul ini," kata Kepala Dinas Sosial, Setyadarma, Sabtu (21/7/2018).

Setyadarma mengatakan, mobil gaul ini dirancang khusus untuk dapat memberikan pelayanan, konsultasi, konseling, perlindungan, pendampingan terhadap keluarga untuk memecahkan masalah. Kebanyakan keluarga yang mendapat bantuan merupakan keluarga tidak mampu secara ekonomi yang berada di wilayah pedesaan.

"Bantuan ini sifatnya gratis kami tidak memungut biaya apapun karena ini pelayanan kami kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan karena mengalami masalah psiko sosial," katanya.

Menurut Setyadarma, masalah psiko sosial terjadi dalam kaluarga karena menjadi korban kekerasan baik oleh keluarga ataupun dilingkungannya. Pihaknya selama ini bekerja sama dengan pihak kepolisian menangani kekerasan yang dialami perempuan dana anak-anak.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1465 seconds (0.1#10.140)