Tingkatkan Layanan, Kapolres Malang Blusukan ke Desa

Rabu, 18 Juli 2018 - 07:46 WIB
Tingkatkan Layanan, Kapolres Malang Blusukan ke Desa
Tingkatkan Layanan, Kapolres Malang Blusukan ke Desa
A A A
MALANG - Polres Malang, berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk masyarakat, dengan langsung mendatangi masyarakat dan blusukan ke desa-desa di wilayah Kabupaten Malang. Kegiatan ini, sekaligus sebagai upaya pencegahan dini tindak kejahatan.

Masyarakat desa yang didatangi petugas dari Polres Malang, juga mendapatkan sosialisasi tentang E-Policing. “Kita punya layanan online untuk masyarakat, melalui aplikasi E-Policing, sehingga layanan bisa lebih cepat dan transparan,” ujar Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung dalam siaran pers yang diterima redaksi, Rabu (18/7/2018).

Bukan sekadar melakukan sosialisasi. Aksi blusukan yang dipimpin langsung oleh Yade tersebut, juga dimanfaatkan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat secara langsung, tentang layanan dan kualitas kinerja yang diberikan Polres Malang.

Polres Malang, memberikan daftar pertanyaan kepada masyarakat, dan pendapat mereka terkait pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kinerja, kualitas usaha perbaikan, sisi humanisme, kepuasan pelayanan SIM, pelayanan SKCK, penjagaan keamanan, dan respon terhadap pengaduan.

Menurut Yade, seluruh anggota polisi diharapkan bisa lebih profesional dalam melaksanakan tugas pelayanannya kepada masyarakat. “Kalau ingin profesional dalam melayani, minimal para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) harus mengenali lingkungannya, termasuk RT dan RW,” ujarnya.

Modernisasi pelayanan di Polres Malang, yang salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi, melalui aplikasi E-Policing. Menurutnya, memiliki tujuan mendekatkan diri dan mendapatkan kepercayaan masyaraat.

Tanpa terjun langsung dan bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Diakuinya, petugas kepolisian akan sulit mengetahui kemauan masyarakat. “Aplikasi E-Policing, menjasi salah satu upaya Polres Malang, lebih dekat dengan masyarakat,” ujar alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 tersebut.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7794 seconds (0.1#10.140)