PVMBG: Potensi Erupsi Gunung Agung Masih Tinggi

Senin, 02 Juli 2018 - 11:52 WIB
PVMBG: Potensi Erupsi Gunung Agung Masih Tinggi
PVMBG: Potensi Erupsi Gunung Agung Masih Tinggi
A A A
KARANGASEM - Gunung Agung belum stabil, masih terus mengalami erupsi, meski pun begitu Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM hingga saat ini belum menaikkan status gunung yang ada di Karangasem dari level III (Siaga) ke level IV (Awas). Karena erupsi yang terjadi saat ini masih dalam skala kecil. "Belum ada rencana dinaikkan status. Saat ini status Gunung Agung masih siaga. Erupsi yang terjadi saat ini masih dalam skala kecil atau rendah. Data-data instrumen yang lainnya juga belum menunjukkan adanya indikasi erupsi yang lebih besar lagi," katanya di Pos Pengamatan Gunung Agung Rendang, Karangasem, Senin (2/7/2018).

Dia menegaskan, untuk itu peningakatan status ke Awas belum ada pasalnya potensi erupsinya masih kecil. "Bahaya radiusnya masih berada di 4 kilometer dari Gunung Agung," jelasnya.

Dia menjelaskan, bahwa tadi pagi Gunung Agung terjadi erupsi sebanyak tiga kali. "Potensi untuk erupsi lagi masih terjadi kapan saja, seperti tahun lalu," paparnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat bahwa untuk menghindari dan tidak beraktivitas radius 4 km dari Gunung Agung.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4484 seconds (0.1#10.140)