Pantau Situasi Terkini Gunung Agung, Gubernur Datangi Pos Pantau Rendang

Jum'at, 29 Juni 2018 - 18:56 WIB
Pantau Situasi Terkini Gunung Agung, Gubernur Datangi Pos Pantau Rendang
Pantau Situasi Terkini Gunung Agung, Gubernur Datangi Pos Pantau Rendang
A A A
KARANGASEM - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meninjau Pos Pengamatan Gunung Api Agung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Desa Rendang, Karangasem, Jumat (29/6/2018). Gubernur ingin mengetahui secara pasti kondisi terkini Gunung Agung yang sejak 2 hari lalu diberitakan kembali mengalami erupsi.

Gubernur menjelaskan, kondisi Gunung Agung saat ini sudah berangsur membaik. Hal tersebut dilihat dari menurunnya grafik pendeteksi. Bahkan mulai pukul 04.00 WITA grafik sudah pada tingkat dasar dan datar.

"Dari data yang ada, letusan-letusan kecil masih tetap terjadi tapi grafiknya cenderung menurun. Kecuali ada hal-hal lain, seperti gempa tektonik diseputar gunung yang akan menyebabkan kembali terjadinya pengumpulan magma dan menyebabkan letusan lagi. Mudah-mudahan sih tidak, grafiknya sudah datar kembali, semoga ini bisa terus bertahan," tegas Pastika.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Gubernur Pastika mengimbau masyarakat, terutama yang berlokasi pada area status Siaga agar tetap waspada mematuhi himbauan dari petugas. ā€¯Statusnya Siaga, jadi yang berada dalam radius 4 km itu masih berbahaya, di luar itu dinyatakan masih aman," ujar Pastika.

Gubernur menyatakan pemerintah terus siaga terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Bahkan jika kemungkinan terburuk terjadi pemerintah siap untuk mengurus para pengungsi, konsumsi, dan lain sebagainya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)