8 Juta Wisatawan Bakal Serbu Jateng, 4 Destinasi Paling Diburu

Minggu, 17 Juni 2018 - 14:39 WIB
8 Juta Wisatawan Bakal Serbu Jateng, 4 Destinasi Paling Diburu
8 Juta Wisatawan Bakal Serbu Jateng, 4 Destinasi Paling Diburu
A A A
SEMARANG - Setidaknya delapan juta wisatawan berbagai daerah bakal merangsek masuk ke Jawa Tengah demi mencicipi momentum libur Lebaran 1439 Hijriyah. Diperkirakan empat destinasi akan menjadi rebutan untuk berselfie sekaligus menikmati sensasi wisata alam.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Prambudi menyebut empat objek itu antara lain, Candi Borobudur, Sangiran, Puncak Dieng serta pulau surga bawah laut, Karimunjawa di Jepara.

"Kami perkirakan nantinya, Borobudur Magelang, di Sangiran atau Solo Raya, Dieng dan sekitarnya, dan Karimunjawa Jepara," ujarnya kepada wartawan, Minggu (17/6/2018).

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung itu, pihaknya telah memperkuat koordinasi lintas daerah dengan semua pemda maupun Kementerian Pariwisata untuk memaksimalkan layanan pariwisata setempat. Diperkirakan wisatawan akan terus berdatangan hingga pada akhir pekan depan.

“Diprediksi nanti ada 4,5 juta kendaraan. Kalau mobil saja ada dua juta unit. Sudah berapa? Prediksi kami pasti ada lebih dari delapan juta wisatawan datang," kata Prambudi.

Disporapar telah mengerahkan tim agar kenyamanan dan keselamatan wisatawan dapat dijamin. Dia optimistis kunjungan wisatawan semakin bergerak naik sampai Lebaran Ketupat atau Syawalan tiba.

Menurutnya, sudah ada pemerintah daerah yang melapor akan menggelar acara pada perayaan Syawalan. "Jadi kami akan bersiaga terus hingga Syawalan selesai," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5330 seconds (0.1#10.140)