Indikasi Pemilu 2024 Tak Netral, UMY Terjunkan Mahasiswa Lakukan Pengawasan di TPS

Sabtu, 03 Februari 2024 - 13:36 WIB
loading...
Indikasi Pemilu 2024 Tak Netral, UMY Terjunkan Mahasiswa Lakukan Pengawasan di TPS
UMY menilai ada indikasi penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) bersikap tidak netral. Foto: MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menilai ada indikasi penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) bersikap tidak netral. Di mana seringkali kebijakan yang dihasilkan menguntungkan salah satu pasangan.

Ketua Guru Besar Prof Sunyoto mengatakan karena penyelenggara pemilu sudah diindikasikan tidak netral maka bakal mereka kawal seluruh prosesnya nanti. Pihaknya bakal mengawal sejak dini agar menghasilkan kepemimpinan yang bisa diterima.

”Pemimpin yang bisa menyejahterakan masyarakat itu diawali dengan proses penyenggaraan pemilu yang jujur adil dan bermartabat bagi semuanya,” kata Prof Sunyoto kepada wartawan, Sabtu (3/2/2024).



Sebagai bagian dari Persyarikatan Muhammadiyah yang mengedepankan high politik maka UMY meminta agar bagaimana pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan jujur adil dan bermartabat sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku

UMY sebagai bagian dunia pendidikan tinggi mempromosikan nilai-nilai normatif moral high politik sehingga nanti dapat mewujudkan praktek kenegaraan yang menjunjung nilai keluhuran dan itu dipertanggungjawabkan bersama untuk melestarikan negara yaitu Indonesia.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto menambahkan pihaknya sudah meminta perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah untuk menurunkan mahasiswanya untuk melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan pemilu nanti.



Alasannya, arena Muhammadiyah memiliki sumber daya yang banyak terutama mahasiswa.

“Beberaoa kantong suara seperti Jabodetabek Jawa Barat dan Jawa Tengah maka proses pemilihannya harus diawasi. Oleh karena itu mereka akan diterjunkan apakah dalam program magang atau KKN untuk mengawasi,” kata dia.

Pengawasan ini penting agar supaya ada trust bahwa ada pihak mitra yang mengawasi proses ini. Sehingga apapun hasilnya akan lebih legitimate karena lebih banyak orang yang mengawasi.

“Proses mitigasi pemilu sangat diperlukan. Untuk jumlah per TPS diserahkan ke perguruan tinggi Muhammadiyah atau Aisyiah terdekat,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2944 seconds (0.1#10.140)