Arus Mudik Mulai Menggeliat, Pengamanan Bandara Solo Diperketat

Kamis, 07 Juni 2018 - 15:35 WIB
Arus Mudik Mulai Menggeliat, Pengamanan Bandara Solo Diperketat
Arus Mudik Mulai Menggeliat, Pengamanan Bandara Solo Diperketat
A A A
SOLO - Arus mudik Lebaran di Bandara Adi Soemarmo Solo sudah mulai bergeliat. Puncak arus mudik diprediksi berlangsung tiga hari mulai H-3 Lebaran mendatang.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Solo Abdullah Usman mengatakan, kenaikan jumlah penumpang tahun ini diprediksi mencapai 8.000 orang, atau naik dibanding tahun lalu sebanyak 6.700 penumpang. Sementara, terdapat tiga maskapai penerbangan yang menambah ekstra flight. Yakni Citilink empat pesawat, Lion Air satu pesawat dan Garuda mengganti dua pesawat berbadan lebar.

"Ekstra flight sudah ada sejak tiga hari lalu, saat ini sudah ada kenaikan jumlah penumpang sekitar 5%," kata Abdullah Usman di Solo, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018).

Saat ini, Citilink telah memberangkat sepuluh flight ke Jakarta dari normalnya empat pesawat. Sementara, ekstra flight Lion Air akan dimulai pada H-5 Lebaran. Sedangkan puncak arus mudik diperkirakan berlangsung pada H-3, H-2, dan H-1. Pihaknya telah membuka posko Lebaran yang dibuka mulai 7-24 Juni mendatang. Komposisinya terdiri dari bandara untuk pelayanan, keamanan oleh TNI AU, dan kesehatan dari KKP.

Kepala Dinas Operasi Lanud Adi Soemarmo Solo Letkol Pnb Yulmaizir Chaniago mengatakan, pengamanan bandara dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan melibatkan sepuluh personel. Selain itu, untuk memperkuat pengamanan juga dikerahkan unit satwa. "Jumlah personel pengamanan sesuai permintaan bandara, jika dibutuhkan kami siap melakukan penambahan," tandas Yulmaizir Chaniago.

Keamanan bandara sebenarnya juga telah diperkuat sejak satu bulan lalu, dan saat arus mudik Lebaran semakin diperketat.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4626 seconds (0.1#10.140)