Arus Balik Lebaran 2024, Pelabuhan Panjang Layani Pemudik R2 dan R4 Menuju Ciwandan

Jum'at, 12 April 2024 - 20:38 WIB
loading...
Arus Balik Lebaran 2024, Pelabuhan Panjang Layani Pemudik R2 dan R4 Menuju Ciwandan
Pemudik motor dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDARLAMPUNG - Guna mengantisipasi lonjakan pemudik pada arus balik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan rute layanan arus balik dari Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan mulai 12-18 April 2024.

Langkah ini dilakukan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Bakauheni-Merak yang diprediksi akan menjadi jalur utama pemudik balik.

"Pengoperasian Pelabuhan Panjang - Ciwandan ini demi mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Bakauheni-Merak," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, Jumat (12/4/2024).

ASDP akan mengoperasikan tiga kapal di lintas ini, yaitu KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea. Layanan ini khusus untuk kendaraan R2 (sepeda motor) dan R4 (Kendaraan Kecil) dengan pembatasan kuota.



"Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Ferizy secara online atau melalui Buffer Zone yang disiapkan ASDP," jelas Shelvy.

Untuk kendaraan golongan VII, VIII dan IX, layanan penyeberangan dialihkan melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Muara Pilu.

Shelvy menambahkan, pengoperasian pelabuhan perbantuan ini tidak hanya bertujuan untuk memecah antrian kendaraan, tetapi juga memberikan manfaat lebih bagi pemudik.

"Pendirik dapat beristirahat lebih panjang dan memangkas waktu tempuh hingga 1 jam menuju Kota Bandarlampung," ungkapnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3079 seconds (0.1#10.140)